Sisi Terang
Sisi Terang

7 Hewan yang Setia Kepada Pasangan Mereka

Tidak banyak hewan yang bisa menunjukkan apa arti setia sebenarnya. Hanya sekitar 3-5% hewan memiliki satu pasangan seumur hidup. Beberapa pasangan bahkan memiliki tradisi hubungan sendiri yang benar-benar menunjukkan kesetiaan mereka kepada satu sama lain.

Sisi Terang menemukan 7 hewan yang berpasangan baik dalam keadaan suka maupun duka dan memberi contoh kepada kita semua.

1. Sun Conure memilih pasangan mereka pada usia 4-5 bulan.

Burung bayan kecil ini hidup di bagian timur laut Amerika Selatan. Mereka senang berkoloni dan hidup bersama dalam kawanan, serta berkomunikasi dengan suara bernada tinggi. Sebelum memulai hubungan serius, mereka mengawali dengan saling menyuapi dan membersihkan satu sama lain.

2. Burung jenjang mahkota abu-abu memiliki upacara pernikahan khusus.

Burung yang hidup di Uganda ini sangat serius soal hubungannya. Untuk menunjukkan komitmen mereka, dua pasangan muda menari di depan kawanan sebelum pindah ke sarang.

3. Monyet Titi Tembaga bisa cemburu.

Titi hidup di hutan hujan Amerika Selatan. Hubungan mereka sangat spesial di dunia hewan karena mereka terikat secara emosional dengan pasangannya. Mereka bahkan merasakan penderitaan saat berpisah. Pasangan tetap bersama setelah musim kawin, menghabiskan momen romantis duduk bersama dengan ekor terjalin.

4. Puffin Atlantik menggosokkan paruh mereka seperti berciuman.

Burung kecil ini jarang berganti pasangan dan setiap tahun kembali ke tempat sama untuk membuat sarang bersama pasangan mereka. Begitu betina bertelur, dia menjaga telurnya sementara pejantan membawakan makanan serta melindungi sarang.

5. Kuda laut putih setia kepada pasangan sampai salah satunya mati.

Kedua orang tua punya tanggung jawab besar, tapi alam memiliki rencana rahasia untuk hewan ini. Dalam hal ini, betinalah yang perlu berusaha menarik hati pejantan. Dan begitu “jatuh cinta”, pejantan yang akan hamil dan mengandung bayi selama beberapa pekan.

6. Dik-dik secara heroik mempertahankan pasangan mereka dari pengagum lain.

Antelop mungil ini memang berukuran kecil, tapi mereka punya hati yang besar. Meskipun jarang ada perkelahian, para pejantan selalu siap bertarung demi pasangan mereka. Saat dik-dik lain muncul, kedua pejantan berlari menuju satu sama lain, berhenti dengan cepat, menganggukkan kepala, dan berbalik. Upacara ini terus diulang sampai lawan menyerah.

7. Berang-berang berpegangan tangan saat tidur agar tidak kehilangan satu sama lain.

Berang-berang sungai raksasa tetap menjadi keluarga penuh kasih sayang dan hidup bersama dalam komunitas dengan berang-berang lain setelah memiliki keturunan. Mereka membagi tugas keluarga dengan sama rata, dan terkadang berang-berang lain membantu mengasuh.

Tradisi apa dari hewan-hewan ini yang membuatmu tersentuh? Apa kamu tahu hewan lain yang setia kepada pasangan mereka?

Kredit foto pratinjau Shutterstock.com
Sisi Terang/Hewan/7 Hewan yang Setia Kepada Pasangan Mereka
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya