Alasan Kenapa Kucingmu Sangat Menyukai Ruang Sempit dan Kardus

Jika kamu pernah membelikan ranjang mewah atau menara mahal untuk kucingmu, mungkin kamu malah akan melihat mereka bersantai di dalam kardus bekas ranjang atau menara yang kamu beli. Kucing tampaknya suka sekali menyempil ke tempat sempit atau kardus kecil, sampai-sampai ada meme “Aku muat, aku duduk”. Sebenarnya, ada beberapa kemungkinan kenapa mereka sangat tertarik dengan sudut-sudut kecil itu, menurut para ahli.

Kami di Sisi Terang sangat penasaran dengan alasan di balik perilaku teman kita yang aneh (namun menggemaskan!) ini, dan kami yakin kamu juga penasaran.

Mereka menghindari lantai yang dingin.

Suhu paling nyaman bagi kucing domestik adalah 30 °C — 37 °C, yaitu sekitar 20 derajat lebih tinggi dari manusia. Pada rentang suhu ini, mereka tidak perlu memproduksi panas tambahan untuk tetap hangat. Berada di ruangan kecil membantu mereka menjaga suhu tubuh, khususnya di tempat yang bersuhu hangat seperti kardus.

Karena sebagian besar suhu rumah sekitar 22 °C, yang artinya jauh lebih rendah dari temperatur nyaman mereka, lantai kadang terlalu dingin bagi kucing. Jadi, tidak heran jika mereka lebih memilih bersandar di dinding yang disoroti matahari daripada berbaring di lantai dalam rumah.

Kardus adalah tempat sembunyi paling aman.

Di ruang sempit, kucing merasa lebih aman, ujar Nicholas Dodman, profesor khusus studi hewan. Hal ini karena kardus lebih senyap dan tidak berbahaya seperti ruang yang lebih lebar dan terbuka. Memilih berada di dalam kardus yang sempit dapat dikatakan merupakan cara kucing mengendalikan lingkungan tempat dia berada.

Mereka dapat membangun pola pikir tentang keamanan yang absurd pada persegi yang terbuat dari selotip atau gambar lingkaran. Tetapi ini tidak sebagus wadah sempit sungguhan seperti kotak sepatu.

Tempat yang kecil namun tinggi berarti tempat yang menguntungkan bagi mereka.

Duduk di atas area sempit di dinding, di sudut lemari, atau bahkan di atas pintu yang tipis mungkin tampak tidak nyaman dan kucing berpotensi jatuh, tapi tempat-tempat ini sebenarnya membuat kucing bisa mengamati sekitarnya tanpa terlihat. Jika melihat target, mereka dapat menerkam saat mangsa mereka sedang lengah. Mereka juga dapat tetap waspada jika berada di dekat predator.

Berada di ruang sempit membuat mereka tenang.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kardus membantu kucing mengurangi tingkat stres mereka. Kucing di tempat penampungan yang diberikan kardus beradaptasi lebih baik di lingkungan baru dibandingkan kucing tanpa kardus. Dengan begitu, tingkat stres mereka berkurang hanya dalam 3 hari dan kucing tanpa kardus berkurang dalam 3 minggu.

Rasanya seperti dipeluk.

Ruang sempit memberikan tekanan sedemikian rupa pada tubuh kucing yang membuatnya merasa nyaman, kata Dr. Karen van Haaften. Nicholas Dodman sepertinya setuju dengan hal ini, dengan mengatakan bahwa karena mereka terbiasa tidur berimpitan dengan ibu mereka, kucing merasa nyaman saat kontak langsung dengan bagian dalam kardus kecil. Dia yakin bahwa hal ini melepaskan endorfin, yang memberikan rasa puas dan membantu mengurangi stres.

Kadang, mereka hanya ingin tidur tanpa terganggu.

Anak kucing dapat menghabiskan 18 jam dalam satu hari untuk tidur, ujar ahli ilmu hewan terlatih, Luis Villazon. Jadi, untuk menyesuaikan jam tidur cantiknya, mereka mencari tempat yang tidak mudah ditemukan orang. Dengan ini, mereka terhindar dari sentuhan manusia dan perhatian dari hewan lain.

Mungkin saja mereka lari dari masalah.

Menurut buku The Domestic Cat: The Biology of Its Behavior, kucing tidak memiliki kemampuan pemecahan masalah sehingga mereka memilih untuk kabur. Dengan berada di tempat sempit yang hanya dapat dimasuki satu kucing, mereka bisa sembunyi sendiri tanpa harus menghadapi masalah mereka.

Secara alami, kucing merupakan hewan yang selalu ingin tahu.

Kucing sedikit banyak mirip dengan anak-anak. Ingin tahu tentang hal-hal baru dan suka menjelajah, tutur Dr. Karen van Haaften. Kardus dan benda baru bisa tampak misterius dan karena itu, cukup menarik untuk dimasuki.

Menurutmu, apakah para ahli tersebut akan mendapatkan penemuan penting atau kamu punya idemu sendiri? Bagikan foto kucingmu yang sedang berada di dalam kardus dan ruang sempit kepada kami!

Bagikan Artikel Ini