Sisi Terang
Sisi Terang

Cara Memotong Kuku Anjing di Rumah

Terkadang, kita tidak bisa pergi ke tenaga profesional untuk memotong kuku anjing. Dalam kasus itu, mungkin kita harus melakukannya sendiri di rumah. Meskipun banyak yang menghindari pekerjaan ini karena takut melukai hewan atau karena tidak tahu cara mengerjakannya dengan benar, memotong kuku anjing adalah sesuatu yang harus dilakukan sesekali.
Sisi Terang ingin membagikan sebuah panduan praktis beserta trik-triknya tentang cara memotong kuku anjingmu di rumah. Ingat bahwa artikel ini cuma berfungsi sebagai pendahuluan bagi pekerjaan jenis ini.

Langkah 1: Pastikan kamu memiliki alat-alat yang tepat.

Beberapa alat yang bisa kamu gunakan untuk memotong kuku anjing adalah:

✔️ Pemotong kuku atau gunting khusus untuk kuku anjing: Ini adalah alat paling sesuai untuk pekerjaan ini. Gunting khusus ini juga merupakan alat yang dianjurkan dalam kebanyakan kasus, dan kamu harus memilikinya jika punya anjing. Kamu bisa membelinya di toko hewan peliharaan apa pun, atau bahkan online.

✔️ Kikir kuku: Jika ada kebutuhan mendesak untuk merapikan kuku anjingnmu dan kamu tidak punya alat yang tepat untuk mengerjakannya atau tidak bisa pergi ke tenaga profesional, kikir kuku bisa menjadi opsi terbaik kedua bagi pekerjaan ini. Tapi ingat, kamu harus sangat berhati-hati dan cuma memakainya dalam kondisi darurat.

Alat-alat yang seharusnya tidak pernah dipakai adalah:

🚫 Gunting kuku yang biasa dipakai manusia
🚫 Gunting biasa
🚫 Alat-alat tumpul
🚫 Alat-alat berkarat

Langkah 2: Buat lingkungan yang nyaman dan menenangkan bagi anjing.

Buatlah lingkungan yang tenang, nyaman, dan dengan penerangan yang baik agar anjingmu merasa santai di sana. Kamu bisa menaruh selimut kesukaannya di dekatmu dan taruh anjingmu di atasnya. Tujuannya untuk menunjukkan kepadanya, bahwa tidak akan terjadi hal-hal buruk kepadanya dan meskipun ini mungkin situasi tidak biasa, tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Melakukan hal itu akan jauh mempermudah seluruh proses dan mencegah anjing merasa terkejut, yang bisa melukai baik hewan atau dirimu. Jika anjing tidak mau berhenti bergerak, paling baik mintalah seseorang memeganginya atau bahkan menunda pekerjaan itu dan pergi ke dokter hewan.

Langkah 3: Periksa kaki anjing untuk mengetahui bagian mana yang harus dipotong.

Kuku anjing mempunyai struktur yang sangat aneh, seperti yang bisa kamu lihat di atas. Luangkan waktu untuk memahami gambar di atas sebelum mulai memotong. Ingat, yang harus kamu potong adalah kelebihan lapisan dalam tanpa menyentuh jaringan hidup. Kamu bisa melihat di mana awal jaringan hidup dengan mata telanjang dengan menaruh kaki anjing di lantai atau memegangnya di bawah lampu. Kuku harus sama tingginya dengan bantalan kaki atau sama dengan ketinggian lantai, tapi tanpa menyentuhnya.

Langkah 4: Potong kukunya.

Pegang kaki anjing dengan tanganmu, dan pastikan tidak terlalu banyak menggosok bantalan kaki, karena itu bisa menggelitik dan membuat anjing bergerak. Ambil gunting kuku anjing atau gunting khusus dan potong lurus kuku, dengan bersih tapi aman dan cepat.

Jangan pernah memotong mendekati jaringan hidup dari cakar, karena memotongnya akan menyebabkan luka yang sangat menyakitkan bagi anjingmu. Kamu akan melihat perdarahan dan luka yang bisa menyebabkan komplikasi lebih jauh.

Kamu bisa mulai dengan memotong pelan, satu milimeter sekali potong. Ketika kamu melihat bentuk oval pink atau abu-abu mulai uncul di permukaan kuku, saat itulah kamu harus berhenti: ini adalah pertanda bahwa kamu makin dekat dengan jaringan hidup.

Kalau kuku anjingmu berwarna gelap dan ini menghalangimu untuk melihat di mana jaringan hidup berawal dan kuku berakhir, lebih baik pergi ke tenaga profesional dan biarkan mereka melakukan pekerjaan ini untukmu. Kamu bisa memotong pelan-pelan sampai terlihat titik hitam di tengah kuku, tapi ini praktik berisiko. Seorang dokter hewan atau perawat anjing akan lebih efektif dalam hal ini.

Langkah 5: Periksa apa ada luka.

Setelah memotong kuku anjingmu, kamu selalu harus memeriksa bahwa tidak terjadi masalah apa pun. Waspadai adanya pendarahan kecil, terutama saat menyentuh kuku yang dipotong. Anjing harus tidak merasakan sakit ketika disentuh. Jika kamu lihat bahwa kaki anjingmu terluka atau mulai berdarah, yang terbaik adalah pergi ke dokter hewan. Jika semuanya baik, kamu bisa memotong kuku-kuku yang lain.

Langkah 6: Beri hadiah anjingmu.

Di samping terus menunjukkan kasih sayang kepada anjingmu, penting juga artinya untuk memastikan agar ia merasa dihargai tiap kali kamu selesai memotong satu kuku. Dengan begitu, ia akan merasa termotivasi dan senang. Kamu bisa membelainya dan bahkan menawarkan makanan kepadanya. Ia akan lebih berterima kasih.

Kalau kamu lihat anjingmu mulai merasa tidak nyaman atau capek, lebih baik istirahat beberapa menit. Kalau tidak, anjing akan mengaitkan potong kuku dengan pekerjaan membosankan dan menjadi jengkel atau takut ketika melihat gunting kuku. Hal terpenting dalam seluruh proses ini adalah anjing merasa tenang dan nyaman, karena ini akan memastikan keselamatan dan kesehatannya.

Tips:

Sesering apa kamu harus memotong kuku anjing tergantung pada banyak faktor. Tidak ada ketentuan waktu khusus untuk itu. Beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan adalah:

  • Seberapa sering anjingmu berolahraga: makin banyak kamu jogging dan jalan kaki, kuku anjingmu akan makin mudah aus secara alami, yang akan menunda pemotongan.
  • Ras: Umumnya, kuku jauh lebih lambat tumbuh pada ras berukuran sedang dan besar, sedang pada jenis anjing yang lebih kecil, kukunya lebih cepat tumbuh.

Tapi pada umumnya, memotong harus dilakukan kurang lebih sebulan sekali jika anjing itu berasal dari ras berukuran besar dan tiap 2 sampai 3 minggu sekali pada anjing yang lebih kecil.

✔️ Cara yang baik untuk mengetahui kapan harus memotong kuku anjing adalah memeriksanya tiap minggu. Jika kamu lihat kuku menimbulkan bunyi ketak-ketik di lantai ketika anjing berjalan, jika kuku-kukunya mulai melengkung, atau jika anjing mulai berubah cara jalannya, maka sudah waktunya untuk memotongnya.
✔️ Penting artinya untuk membuat anjing terbiasa potong kuku sejak masih kecil. Dengan begini, ia akan terbiasa dengan proses itu dan paham bahwa potong kuku adalah hal wajar yang tidak akan menyakitkan selama ia tenang.
🚫 Kuku harus tidak sampai pada titik melengkung. Kalau ini terjadi, hubungi dokter hewan atau tenaga profesional tentang bagaimana langkah berikutnya.

Catatan: Selalu periksakan kepada tenaga profesional tentang cara terbaik memotong kuku anjingmu dan alat-alat yang paling cocok untuk melakukannya. Artikel ini tidak bisa menggantikan nasihat profesional, dan konten ini hanya pendahuluan.

Sisi Terang/Hewan/Cara Memotong Kuku Anjing di Rumah
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya