Dokter Hewan Ini Mengungkapkan Detik-Detik Terakhir Kehidupan Anabul dan Pemilik Anabul Wajib Membacanya

Hewan peliharaan tidak pernah menjadi sekadar hewan peliharaan, setiap pemilik hewan peliharan pasti akan berkata demikian. Tidak peduli ukuran, kebiasaan makan, dan berapa kali kamu harus membawanya berjalan-jalan, hewan peliharaanmu menjadi anggota keluarga, dan kehilangan anggota keluarga sangatlah menyedihkan. Pada saat seperti ini, kehadiran, dukungan, dan kasih sayangmu sangat diperlukan lebih dari apa pun.

Kami di Sisi Terang tidak ingin satu pun hewan peliharaan mengalami kesepian di saat-saat terberat dalam hidupnya, itulah sebabnya kami ingin kamu membaca kisah berikut ini.

Kita bisa membagi orang menjadi dua kategori: mereka yang lebih memilih berada di ruang rawat rumah sakit saat hewan peliharaan mereka dirawat atau dieutanasia dan mereka yang memilih tidak berada di sana. Tentu saja semuanya memiliki alasannya sendiri. Tapi dokter hewan ini menuliskan artikel ini bagi mereka yang memilih tidak berada di sana. Dia memiliki pendapat kuat seputar apa yang harus dilakukan dan apa yang benar dalam situasi tersebut. Pendapat ini diungkapkan secara terbuka dalam unggahan Facebook yang dengan cepat menjadi viral.

Dalam unggahan ini, dokter hewan tersebut mengingatkan kita semua tentang hal sederhana, yakni saat membawa hewan peliharaan ke dalam hidup kita, kita harus menghadapi fakta kalau kematian mereka tak terelakkan. Ya, ini adalah “hari/waktu/peristiwa yang bikin kita sedih setengah mati, tidak ada yang bisa menyangkal, dan sungguh menyedihkan.” Tapi kita harus ada di sana sampai semuanya selesai.

Kita tidak boleh meninggalkan hewan peliharaan kita saat mereka sangat membutuhkan kita. “Jangan membuat perpindahan mereka menuju dunia kematian penuh dengan orang asing di tempat yang tidak mereka sukai, mereka mencarimu saat kamu meninggalkannya sendiri.”

Cara termudah untuk memahami apa yang dirasakan hewan peliharaanmu pada saat itu adalah mencoba memposisikan dirimu di tempatnya. Saat kamu memahaminya, kamu akan menyadari kalau “mereka tidak memahami kenapa kamu meninggalkannya saat dia sakit, takut, tua, atau sekarat karena kanker.” Hewan peliharaanmu membutuhkan kasih sayangmu, dan kamu harus memberikannya.

Jadi, menurut pengalaman sang dokter hewan, ketika hewan peliharaan ditinggalkan untuk mati atau dieutanasia, satu-satunya yang mereka lakukan adalah mencari pemiliknya. Itu lumayan masuk akal dan sudah bisa diperkirakan, ’kan? Siapa pun pasti akan melakukan hal yang sama. Mencari orang yang paling penting dan dicintai saat kesakitan, sedih, menderita adalah yang kita lakukan, manusia dan hewan pun sama saja.

Dr. Evan Shaw telah mengeutanasia banyak sekali hewan peliharaan sepanjang masa praktiknya sebagai dokter hewan, dan inilah yang dia katakan mengenai topik ini: “Aku punya banyak sekali klien yang kerap kembali dan aku mendapati kalau orang yang tidak menemani detik-detik terakhir dalam kehidupan hewan peliharaan mereka yang kemudian malah menyesalinya. Aku benar-benar paham betapa sulitnya hal itu, tapi kematian merupakan bagian dari kehidupan dan harus dialami untuk membantu proses dukanya.”

Setelah membaca semua ini, kita semua berpikir dua kali sebelum meninggalkan hewan peliharaan kita sendirian di ruangan yang penuh dengan orang dan benda aneh. Pengaruh terakhir dalam hidup hewan peliharaan kita harus positif.

Jangan biarkan hewan peliharaanmu sendirian dan hanya ditemani oleh dokter yang harus mengakhiri hidup mereka.

Pegang kaki hewan peliharaanmu terakhir kalinya untuk melewati rasa sakit dan kegelisahannya.

Cintai dan sayangi mereka selagi kamu bisa.

Pastikan satu hal, bersedih karena kehilangan hewan peliharaanmu sama normalnya dengan hal lain. Kalau ada saudara atau temanmu menganggap kehilanganmu ini bukan sesuatu yang menyedihkan, itu terserah mereka. Penelitian memastikan kalau kehilangan hewan peliharaan setara dengan kehilangan manusia yang disayangi bagi banyak orang.

Kamu mungkin memerlukan bantuan untuk melewati hal ini, jadi inilah beberapa sumber yang memberikan nasihat berguna:

Menjadi pemilik hewan peliharaan itu membawa banyak sekali kebahagiaan dan tanggung jawab yang besar di saat yang sama, jadi bersiaplah untuk menjalani keduanya.

Apa kamu pernah kehilangan anak bulu tersayangmu? Silakan bagikan kisah dan nasihatmu mengenai hal ini di komentar. Mari kita saling membantu di masa-masa gelap ini!

Kredit foto pratinjau alexandreluzvet/instagram
Bagikan Artikel Ini