Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Kura-Kura Raksasa 100 Tahun Ini Menjadi Ayah bagi 800 Bayi dan Menyelamatkan Spesiesnya dari Kepunahan

----
153

Spesies kura-kura raksasa Española pernah terancam kepunahan karena hanya tinggal 12 kura-kura betina dan 3 jantan yang masih hidup di dunia. Hanya 15 ekor dari satu spesies! Dan mereka berhasil bertahan berkat Diego, kura-kura yang punya misi sederhana tapi penting, yakni melakukan reproduksi sebanyak mungkin.

Kami di Sisi Terang suka kisah-kisah bagus dan ingin membagikan kisah menakjubkan Diego si kura-kura kepadamu.

Inilah dia, sang pahlawan kita!

Beberapa tahun lalu, populasi kura-kura raksasa Española, terutama spesies Chelonoidis hoodensis hampir mengalami kepunahan — di dunia, tinggal kurang dari 20 ekor perwakilan dari spesies ini, akibat aktivitas manusia.

Ini adalah kura-kura terbesar yang ada di dunia dan mereka hanya ada di Kepulauan Galapagos, Ekuador dan di Kepulauan Aldabra, Tanzania. Saat itu, Diego tinggal di Kebun Binatang San Diego dan bahkan tidak mengira bahwa dia akan menyelamatkan dunia dari kehidupan tanpa kura-kura raksasa sepertinya.

Pada tahun 1960-an, Kementrian Lingkungan Ekuador memutuskan untuk memulai sebuah program pembiakan guna menyelamatkan spesies tersebut — di Pulau Española, Kepulauan Galapagos tinggal terdapat 12 ekor kura-kura betina dan 2 jantan. Saat itulah kura-kura raksasa bernama Diego dipilih sebagai penyelamat dan dimintai bantuannya. Diego dibawa ke sebuah pusat rekreasi khusus di mana dia dan kura-kura lain mulai menyelamatkan spesies mereka.

Misi berhasil!

Sekarang, setelah 40 tahun, program pembiakan telah ditutup dengan sukses sebab jumlah kura-kura sudah cukup untuk mempertahankan populasi spesies di pulau tersebut. Lebih dari 2.000 bayi kura-kura baru telah lahir dalam kurun waktu ini dan 40% di antaranya adalah keturunan Diego.

Kini, umur Diego lebih dari 100 tahun dan dia adalah ayah bahagia bagi 800 kura-kura. Diego dan kura-kura lain dilepaskan ke alam liar pada bulan Maret 2020, di mana mereka akan melanjutkan kehidupan keluarga mereka yang tenang. Populasi spesies Chelonoidis hoodensis masih terancam bahaya, tapi sudah terlepas dari status kritis sekarang.

Adakah spesies terancam di sekitarmu? Adakah usaha yang dilakukan untuk menyelamatkan mereka? Ceritakan kepada kami di kolom komentar, ya!

----
153
Bagikan Artikel Ini