Sisi Terang
Sisi Terang

Lihat Berapa Lama Masa Kehamilan dari 15 Binatang Ini

Rata-rata masa kehamilan manusia adalah 40 minggu. Ini memberi cukup waktu bagi orang tua untuk memikirkan nama, membeli semua kebutuhan bayi, dan menyiapkan kamar bayi. Namun, di dunia binatang, ada hewan yang membawa bayinya di perut selama beberapa minggu atau lebih dari satu setengah tahun.

Kami di Sisi Terang terpesona dengan semua tanda kehidupan, dimulai dari masa pembuahan hingga kelahiran, dan seterusnya. Tunggu saja sampai kamu melihat berapa lama kehamilan dari beberapa hewan di bawah ini.

1. Oposum, 12 hari

Salah satu spesies oposum yang dikenal dengan nama oposum Virginia diketahui memiliki periode kehamilan tersingkat di dunia binatang. Bayangkan harus memikirkan nama anakmu dalam waktu kurang dari 2 minggu!

2. Tikus belanda, 60 hari

Kehamilan tikus belanda berlangsung selama 59 sampai 72 hari, dan bisa melahirkan 1 sampai 8 bayi berbulu.

3. Kucing, 63 hari

Seekor kucing bisa hamil sejak usia 4 bulan.

4. Anjing, 65 hari

Masa kehamilan anjing tergantung pada ukuran, jenis, dan usianya. Semakin besar ukuran seekor anjing, lebih besar kemungkinannya untuk melahirkan lebih banyak anak anjing.

5. Harimau, 110 hari

Harimau memiliki masa kehamilan sekitar 16 minggu. Saat lahir, anak harimau tidak bisa melihat dan sangat bergantung pada ibunya selama 2 bulan pertama sebelum mulai makan makanan padat.

6. Babi, 115 hari

Seekor babi bisa melahirkan hingga 10 anak babi, dua kali dalam setahun. Bayangkan memiliki 20 anak dalam waktu 365 hari!

7. Panda, 135 hari

Salah satu alasan mengapa panda dianggap sebagai spesies yang terancam punah adalah karena panda tidak bisa bereproduksi secepat hewan lain. Panda biasanya hanya melahirkan seekor anak, setiap 2 tahun.

8. Lemur, 135 hari

Lemur memiliki lebih dari 100 spesies yang berbeda. Lemur ekor cincin biasanya kawin pada bulan April dan melahirkan 1 atau 2 ekor anak di musim panas.

9. Beruang, 220 hari

Beruang sangat jarang terlihat bersama kecuali saat musim kawin. Anak-anak beruang lahir pada awal tahun antara bulan Januari dan Februari dan tinggal bersama ibunya sampai berusia 2 hingga 3 tahun.

10. Anjing laut, 280 hari

Seperti manusia, masa kehamilan anjing laut adalah sekitar 9 bulan, tapi anjing laut bisa terus hamil selama 11 bulan.

11. Kuda, 365 hari

Pada saat kuda betina siap untuk melahirkan, berat bayinya adalah sekitar 10% dari beratnya, artinya berat anak kuda bisa mencapai 45 kg!

12. Paus beluga, 450 hari

Seekor paus beluga betina biasanya melahirkan 1 ekor bayi setiap 2 hingga 3 tahun. Tidak seperti manusia dan hewan peliharaan lainnya, tali pusar dari seekor paus beluga putus saat bayinya lahir sehingga bayi bisa berenang bebas di samping ibunya.

13. Jerapah, 465 hari

Dengan kaki sepanjang 183 cm, posisi melahirkan yang nyaman bagi seekor jerapah adalah berdiri. Ketika lahir, bayi jerapah langsung jatuh ke tanah dari ketinggian lebih dari 152 cm.

14. Walrus, 600 hari

Meskipun walrus hidup dalam kelompok besar di atas lapisan es atau di pantai, perkawinannya terjadi di bawah air secara privat. Saat lahir, satu ekor anak walrus bisa memiliki berat sekitar 59 kg.

15. Gajah, 665 hari

Gajah memiliki masa kehamilan 95 minggu! Itu lebih dari dua kali lipat masa kehamilan manusia. Karena itu, gajah melahirkan sekitar 4 ekor anak sepanjang hidupnya.

Mana dari masa kehamilan di atas yang mengejutkan bagimu? Jika bisa memilih, berapa lama masa kehamilan yang kamu inginkan?

Sisi Terang/Hewan/Lihat Berapa Lama Masa Kehamilan dari 15 Binatang Ini
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya