Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Posum Kerdil Ditemukan Kembali Setelah Kebakaran Hebat di Australia

Lebih dari 17 juta hektar lahan di Australia hangus karena kebakaran hutan. Kebakaran ini memengaruhi 99% wilayah cagar alam beserta hewan-hewan yang hidup di sana. Kebakaran hebat ini meratakan seluruh habitat posum kerdil, dan hewan mungil ini terancam punah selamanya. Namun, setelah upaya pemulihan yang tanpa henti, spesies posum kerdil ini muncul kembali.

Foto posum yang baru dirilis ini membuat kami semua di Sisi Terang merasa terharu dan ingin membagikannya kepadamu.

Ditemukan pertama kalinya sejak kebakaran.

Kebakaran yang meneror Australia tahun lalu berdampak sangat buruk bagi spesies posum terkecil di dunia ini. Lahan seluas 440.500 hektare yang sebelumnya menjadi rumah bagi makhluk ini habis terbakar. Kini, Kangaroo Island Land for Wildlife, sebuah kelompok diskusi yang telah bekerja secara terus-menerus untuk memulihkan alam liar, akhirnya berhasil menemukannya.

Hewan ini sehat dan berkumpul bersama posum lainnya.

Posum kerdil ini memiliki berat kurang dari 10 gram dan sulit diteliti karena ukurannya. Diperkirakan sekitar 93% dari seluruh populasi mereka terkena dampak kebakaran di pulau tersebut, karena itu kondisi mereka masih sangat rentan. Hewan lain yang ditemukan adalah posum berekor bulu (brushtail possum) dan posum kerdil barat (western pygmy possum) di antara 20 spesies yang langka.

Upaya dikerahkan untuk menjaga keselamatan posum.

Ancaman terbesar bagi posum kerdil saat ini serta posum lainnya secara umum di daratan Australia adalah kucing liar. Para ahli ekologi yakin masih ada hewan marsupial lain yang bersembunyi di dalam hutan dan merasa tidak aman karena hilangnya rumah mereka.

Spesies ini memang tergolong langka di Australia.

Sebelum kebakaran hutan, jumlah resmi dari posum kerdil yang ditemukan di Pulau Kanguru ini hanyalah 113 ekor. Menurut para ahli, selamat dari peristiwa ini merupakan sebuah keajaiban, dan mereka berharap spesies langka lainnya yang masih belum ditemukan juga sama beruntungnya.

Andai bisa, spesies apa yang ingin kamu bangkitkan dari kepunahan?

Bagikan Artikel Ini