Sisi Terang
Sisi Terang

Gambar Pertama yang Kamu Lihat Menunjukkan Tipe Kemampuan Berpikirmu

Ahli psikologi dan pemenang Penghargaan Nobel, Roger W. Sperry, menemukan bahwa dua bagian otak, yaitu kiri dan kanan, memiliki fungsi yang berbeda. Caramu berpikir juga bergantung pada sisi mana yang dominan. Menurut penelitiannya, ada sejumlah tes yang bisa menentukan cara berpikir dan karakteristikmu.

Di Sisi Terang, kami mengevaluasi banyak tes seperti ini dan memilih satu yang terbaik untuk membantumu introspeksi diri. Ayo, ikuti kuis ini dan kenali dirimu lebih dalam lagi!

Coba lihat gambar di bawah ini. Hewan apa yang kamu lihat pertama kali?

Sekarang, gulir ke bawah untuk mengetahui lebih banyak tentang cara kerja pikiranmu berdasarkan hewan yang pertama kali kamu lihat.

Kepala harimau

Belahan otak sebelah kirimu lebih aktif dibandingkan yang kanan. Kamu adalah orang yang analitis, sangat berorientasi pada tujuan, dan rapi. Saat menghadapi masalah, kamu cenderung logis, perhitungan, dan objektif.

Namun, terkadang, karena kamu tahu bahwa keputusan yang kamu ambil adalah hasil dari berpikir panjang, kamu cenderung keras kepala. Jadi, sebaiknya kamu juga mendengar pendapat orang lain dan mempertimbangkannya. Ingat, tidak ada salahnya bersikap lebih rendah hati.

Karakteristikmu:

  • Terencana: Kamu melakukan berbagai hal berdasarkan rencana yang dibuat dengan baik, seperti dalam daftar centang.
  • Jelas: Kamu memiliki tujuan yang jelas dan pasti. Kamu juga tahu persis jalur yang kamu ambil untuk mencapai tujuan tersebut.
  • Rasional: Emosi dan perasaan tidak menghalangi kamu untuk mencapai tujuan.
  • Logis: Kamu memiliki kemampuan dalam bidang matematika, sains, dan hal yang berurutan.
  • Realistis: Duniamu sangat mirip dengan kenyataan. Di dalamnya, tidak ada tempat untuk angan-angan ataupun fiksi. Dengan begitu, meski ada yang merasa tujuanmu tampak mustahil, kamu tahu itu realistis dan dapat dicapai.

Monyet yang bergelantungan

Ini berarti otak bagian kananmu lebih aktif. Kamu tipe orang kreatif yang penuh dengan ide inovatif. Saat dihadapkan dengan masalah, kamu lebih mengandalkan intuisimu (yang biasanya benar), dibandingkan cara pikir yang kritis.

Kamu tahu persis setiap langkah yang kamu ambil selama hidupmu adalah suatu pelajaran bagimu, dan itu juga termasuk ketika kamu kehilangan langkah menuju tujuanmu. Bagi kamu, perjalanannya lebih penting daripada tujuannya. Karena kamu suka bermimpi, kamu sering tenggelam dalam angan-anganmu sendiri. Sesekali, ada baiknya kamu “kembali ke dunia nyata” dan sedikit lebih memperhatikan lingkungan di sekitarmu.

Karakteristikmu:

  • Impulsif: Kamu bekerja secara spontan. Kamu berbakat dalam melakukan hal dengan cara yang baru.
  • Emosional: Kamu sangat peduli terhadap berbagai hal. Kamu menghabiskan waktu untuk merenung dan bertindak atas dasar perasaan.
  • Kreatif dan artistik: Kamu mahir dalam bidang musik, seni, dan semacamnya.
  • Intuitif: Kamu tidak biasa membuat daftar centang ataupun mengikuti aturan. Kamu memecahkan masalah dengan cara yang intuitif.
  • Suka bermimpi: Kamu cenderung memiliki banyak impian dalam hidup dibandingkan tujuannya. Kamu pun berupaya dalam mencapainya, dan sering kali berhasil.

Ingat, kedua bagian otak tidak bekerja secara terpisah, melainkan secara bersamaan dan saling melengkapi. Jadi, meski kamu mengenali lebih banyak karakteristik pada satu bagian otak, kamu pastinya juga akan memiliki beberapa karakteristik pada bagian yang lain.

Gambar mana yang langsung kamu lihat pertama kali? Kepala harimau atau monyet yang bergelantungan? Apa karakteristikmu cocok? Ceritakan di kolom komentar, ya.

Sisi Terang/Kuis/Gambar Pertama yang Kamu Lihat Menunjukkan Tipe Kemampuan Berpikirmu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya