Sisi Terang
Sisi Terang

Karakter Favoritmu di “Friends” Bisa Mengungkap Jati Dirimu

Sudah hampir 2 dekade sejak sitkom Friends menayangkan episode terakhirnya, tapi acara ini tetap populer hingga kini, semua berkat alur cerita dan karakternya yang sangat dekat dengan penonton. Setiap tokoh yang ada digambarkan dengan kualitas yang begitu unik dan realistis, sehingga tidak sulit bagi kita untuk membayangkan diri kita dalam posisi karakter tertentu.

Sisi Terang mau mengungkap sejumlah detail tentang kepribadianmu dilihat dari tokoh favoritmu di acara ini, tapi perlu diingat, artikel ini ditulis hanya untuk hiburan semata.

1. Joey Tribbiani

Kalau menyukai Joey, kamu mungkin adalah pribadi yang supel. Sifat kekanak-kanakanmu membuat dirimu dianggap menawan dan menyenangkan. Kamu sangat spontan dan tidak takut mempermalukan diri sendiri. Impianmu tidak terbatas dan kamu tidak peduli jika harus mulai berusaha dari bawah, sebelum akhirnya menemukan jalanmu sendiri menuju puncak.

Kamu sangat bersemangat terhadap hal-hal yang kamu sukai dan kamu selalu mengedepankan teman-temanmu. Mungkin, seperti Joey, kamu juga tidak suka berbagi makanan, tapi itu tidak terlalu penting, atau seperti yang Joe katakan, “Itu cuma ucapan ‘moo’.”

2. Rachel Green

Rachel adalah salah satu karakter paling berani di Friends, jadi, kalau kamu adalah penggemarnya, kamu mungkin tipe orang yang tidak takut mengambil risiko dalam kelompokmu. Kamu sangat menghargai kemandirian dan harga dirimu, jadi, kamu rela meninggalkan pernikahanmu dan meninggalkan kehidupan mewah, saat kamu merasa dirimu layak mendapatkan lebih banyak dari apa yang diberikan kepadamu.

Saat orang meremehkanmu, kamu selalu berusaha membuktikan bahwa mereka salah. Kamu ambisius dalam karier dan menempatkan hati serta jiwamu ke dalam segala hal yang kamu lakukan. Tapi kamu juga punya kelemahan, misalnya membuat kopi atau kue, tapi kamu masih memenangkan hati banyak orang dengan energimu yang memikat.

3. Chandler Bing

Chandler selalu membuat lelucon saat dia merasa tidak nyaman, jadi, kalau dia adalah karakter favoritmu, mungkin kamu menggunakan humor dan sarkasme sebagai mekanisme pertahanan untuk mengatasi momen-momen canggung. (Kita hampir bisa mendengarnya berkata, “Bukannya sudah jelas?!”) Seperti Chandler di musim-musim awal, kamu mungkin juga takut berkomitmen, tapi di saat yang tepat dan dengan orang yang tepat, kamu akan melampaui rasa takut ini.

Mereka yang mampu melihat lebih dalam dari kebiasaanmu yang suka mengalihkan masalah dengan cara lucu tahu bahwa kamu hanya ingin menghibur teman-temanmu ketika hari-harinya sedang muram. Mereka juga beruntung memilikimu karena kamu rela melakukan segalanya demi membuktikan betapa berartinya mereka bagimu, meski harus tinggal di dalam kardus!

4. Monica Geller

Jika sifatmu punya banyak kemiripan dengan karakter Monica, kamu mungkin sangat kompetitif, tidak sabaran, dan sangat terorganisir. Kemungkinan besar, kamu adalah seorang perfeksionis yang terobsesi dengan detail-detail terkecil dan selalu berpegang pada aturan yang ada. Meski begitu, menjadi “Monica” juga berarti kamu adalah orang yang selalu berusaha menyatukan kelompok pertemananmu, selalu yang mengatur acara kumpul-kumpul, dan menawarkan rekomendasi tempat untuk merayakan sesuatu, terutama karena kamu suka merawat orang-orang yang kamu sayangi.

Kamu takkan ragu meninggalkan seorang miliarder karena kebahagiaanmu bukanlah soal uang. Bagimu, kebahagiaan bisa sesimpel punya keluarga dan pria yang kamu sayang di sisimu.

5. Ross Geller

Kalau menyukai Ross, kamu adalah bucin sejati, yang selalu siap membuat keputusan besar dan melakukan segalanya demi memperjuangkan cinta sejatimu. Kamu juga seorang introver. Kamu sudah merasa puas hanya dengan tinggal di rumah dan menonton TV dibanding melek sampai malam di tempat lain. Seperti ahli paleontologi, kamu “menggali” secara mendalam ke dalam pikiranmu, kamu pun cenderung mengedepankan logika saat harus mengambil keputusan.

Terkadang, kamu terlalu banyak berpikir, tapi terkadang kamu juga bertindak tiba-tiba hingga mengatakan hal-hal seperti, “Kita lagi break!” Orang-orang seperti Ross juga pandai menyeimbangkan banyak peran, seperti menjadi pasangan, orang tua, kakak, dan teman.

6. Phoebe Buffay

Phoebe dapat dianggap sebagai si aneh di dalam kelompok pertemanan, tapi dia sebenarnya hanya menjadi dirinya sendiri, dan itulah yang menjadikan karakternya sangat hebat. Seperti Phoebe, kamu tidak mau repot-repot menyesuaikan diri dengan standar masyarakat, dan orang-orang takkan marah ketika kamu bicara jujur, hanya Phoebe yang dapat mengatakan, “Aku harap aku mau, tapi aku tidak mau.”

Kamu hidup dengan nilai dan prinsipmu sendiri, kamu pun memercayai tanda-tanda dari alam semesta. Kamu sangat setia kepada keluarga dan teman-temanmu, dan kamu rela melakukan apa saja demi membela mereka.

7. Gunther

Kalau karakter favoritmu adalah manajer Central Perk, Gunther, yang selalu dapat diandalkan, artinya kamu mengutamakan konsistensi, kegigihan, dan ketekunan. Kamu juga seseorang yang dapat dipercaya oleh orang lain, sama seperti pria “berambut lebih cerah daripada matahari” ini, yang selalu ada untuk Rachel dan teman-temannya, meski mereka memperlakukannya seperti orang asing.

Kamu juga rela melakukan apa saja demi cinta, ingat saat Gunther membelikan kucing tidak berbulu untuk Rachel, meski dia mengiranya ular? Serta memberi tahu Rachel tentang hubungan Ross dan gadis fotokopi yang sebenarnya.

8. Dokter Richard Burke

Richard, alias si “Pria Kumis”, tampak seperti pasangan yang ideal. Dia sukses, tampan, dan baik hati. Jika menurutmu dirimu mirip dengan dr. Burke, berarti kamu pekerja keras, teliti, percaya diri, dan sukses dalam karier. Kamu sangat loyal dan konservatif dalam hal percintaan. Kamu tegas dalam mengambil keputusan, tapi bersedia berkompromi jika diperlukan, sama seperti saat Richard membuka diri saat membahas untuk punya anak lagi, jika memang itu yang diperlukan untuk bisa bersama Monica.

9. Janice Litman-Goralnik

“Astaga,” kalau Janice adalah karakter favoritmu, kamu mungkin adalah pribadi yang positif dan baik hati. Dalam artikel ini, aktris Maggie Wheeler menggambarkan karakter yang dia perankan sebagai karakter yang optimis dan percaya akan cinta. Menjadi seperti Janice berarti kamu berperilaku sopan dan tidak membuat masalah, meski orang memperlakukanmu dengan buruk. Tapi bukan berarti kamu membiarkan mereka memanfaatkanmu.

Bukan cuma itu, kamu menghadapi masalah secara langsung dan menawarkan solusi, seperti ketika Janice meyakinkan Joey untuk menghabiskan satu hari dengannya setelah dia tahu bahwa Joey membencinya. Kamu pun bisa tertawa terbahak-bahak kapan pun karena kamu tidak malu dengan jati dirimu.

Bagaimana menurutmu? Apa kamu menemukan kesamaan antara dirimu dan karakter favoritmu? Coba tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

Sisi Terang/Kuis/Karakter Favoritmu di “Friends” Bisa Mengungkap Jati Dirimu
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya