Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

Teka-Teki yang Bikin Orang Tidak Bisa Tidur: Siapa yang Dapat Kopi Duluan?

Teka-teki hebat itu bisa mengalahkan yang terbaik dari kita, layaknya permainan atau puzzle yang bagus. Buat kalian yang butuh asupan kafein tiap hari, ada satu teka-teki yang pasti akan membuatmu melek sepanjang malam.

Kami di Sisi Terang sangat menyenangi teka-teki yang bagus, jadi kami membagikannya dengan pembaca. Jangan lupa untuk terus membaca, kami akan beri jawabannya... Tapi, sebelumnya kami akan menunjukkan dulu jawaban-jawaban salah tapi lucu.

Pertama-tama, perhatikan ilustrasi di atas. Ada empat cangkir, masing-masing diberi nomor. Kopi dituangkan ke pipa yang menggantung di atas keempat cangkir. Cangkir mana yang akan mendapatkan kopinya terlebih dulu?

Dua cangkir pertama punya pipa yang lebih pendek dibandingkan dua lainnya. Jadi, mungkin kamu akan berpikir kalau urutan yang pertama terisi adalah 4, 9, 7, dan 5. Sayangnya, itu bukan jawaban yang benar.

Teka-teki seperti ini biasanya membutuhkan cara berpikir yang super kreatif. Kamu mungkin akan berpikir kalau semua cangkirnya akan terisi secara bersamaan. Hampir benar, tapi itu juga bukan jawaban yang benar.

Kamu mungkin juga akan berpikir kalau kopinya tidak cukup. Ini berarti beberapa cangkir, atau bahkan semuanya, tidak akan mendapatkan kopi sedikit pun. Hampir benar, tapi bisa dibilang kamu berpikir terlalu dalam. Kami tidak pernah bilang seberapa banyak kopi di teko, atau kami punya teko cadangan, tapi anggap saja begitu.

Jangan khawatir, nanti kamu akan dapat jawaban yang benar, kok... Tapi sebelum itu...

Bonus: Teka-teki lainnya!

Seorang pria berjalan ke restoran yang biasa dia kunjungi. Seorang pelayan baru mendapat tugas untuk melayani pria itu, yang kemudian memesan secangkir kopi hitam. Si pelayan membawakan kopi pesanannya. Sayangnya, ada lalat di dalam kopi tersebut. Si pria memanggil pelayan dan meminta kopi yang baru. Pelayan itu berjalan ke dapur, di sisi seberang ruangan, dan kembali dengan secangkir kopi panas. Setelah beberapa saat, pria itu memanggil kembali si pelayan dan mengeluhkan kalau kopi yang dihidangkan itu sama dengan kopi yang sebelumnya, hanya lalatnya yang dibuang.

Bagaimana si pria bisa tahu kalau si pelayan hanya membuang lalatnya? Sedikit petunjuk, cangkirnya masih panas dan mesin kopinya ada di seberang restoran—tidak terlihat oleh si pria, jadi tidak mungkin dia bisa melihat si pelayan atau menebak dari suhunya.

Jawaban untuk pertanyaan bonus: Jika pria itu sudah menambahkan gula, kopinya akan tetap manis. Jika si pelayan benar-benar mengganti dengan cangkir yang baru, seharusnya kopinya tidak akan manis.

Kamu siap mengetahui jawabannya?

Tidak sulit, kok. Perhatikan baik-baik gambar di atas. Jawabannya adalah 5. Cangkir lainnya tidak akan mendapatkan apa pun karena pipa yang mengarah ke semua cangkir ini tertutup di satu titik. Walaupun teka-teka ini terkesan menanyakan urutan cangkir yang terisi terlebih dulu, bukan berarti lebih dari satu yang akan terisi.

Teka-teki apa yang ingin kamu gunakan untuk menguji orang lain? Beri tahu kami di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini