Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

10 Hal Tidak Biasa di Islandia yang Pasti Ingin Kamu Lihat Sendiri

Islandia adalah negara paling aman untuk ditinggali di dunia. Angka kriminal negara ini sangat rendah dan penduduknya hanya 356.991 jiwa. Tapi bukan hanya itu yang menjadikan negara ini unik. Di sana, kamu tidak hanya bisa menyaksikan keindahan alam yang menakjubkan, tapi juga akan terpukau dengan hal-hal menarik lainnya, seperti bayi-bayi tidur siang di luar saat suhu dingin dan lampu lalu lintas berbentuk menggemaskan.

Kami di Sisi Terang menghimpun daftar hal-hal yang menggambarkan kehidupan di negara belahan utara ini yang mungkin mengejutkan bagi orang-orang dari negara lain.

1. Orang Islandia mengembangkan aplikasi yang bisa memberi tahu apakah mereka berkerabat dengan orang yang mereka kencani.

Karena populasi di Islandia sangat kecil dan jarang ada imigrasi, orang-orang di sana sangat mungkin memiliki sepupu jauh yang tidak mereka ketahui. Jadi, agar tidak mengencani sepupu sendiri, mereka menciptakan aplikasi yang menggunakan database dari Íslendingabók (Buku Orang-Orang Islandia), untuk mencari tahu dengan cara seru dan simpel soal apakah mereka berkerabat.

2. Lampu merahnya berbentuk hati, bukan bundar.

Untuk menyemangati warganya, pemerintah kota Akureyri mengganti lampu lalu lintas bundar dengan yang berbentuk hati.

3. Orang tua sering meninggalkan bayinya tidur siang di luar saat suhu dingin.

Orang Islandia percaya bahwa tidur di tengah hawa dingin meningkatkan sistem imun anak. Jadi, bahkan saat suhunya sangat dingin, mereka tetap menaruh bayi mereka di luar untuk tidur siang.

4. Malam hari tidak gelap dari tanggal 21 Mei sampai 30 Juli.

Pada waktu titik balik matahari musim panas, di Islandia Utara dan Westfjords, matahari terlihat selama 24 jam. Di Reykjavík (ibu kota Islandia), matahari terbenam selama beberapa jam, tapi langitnya tidak menjadi gelap, sehingga mereka bisa membaca buku di luar pada tengah malam.

5. Orang Islandia memasang pipa air panas di bawah trotoar agar mereka tidak perlu menyekop salju di musim dingin.

Islandia adalah negara dengan trotoar bebas salju. Namun, bukan hanya itu keuntungan yang mereka dapatkan dari pemasangan pipa air panas. Pipa-pipa itu juga membuat berjalan kaki terasa lebih mudah, menghemat dana pembersihan salju dan renovasi jalan, serta mencegah kecelakaan.

6. Ada “hotel gelembung” di mana kamu bisa bermalam di dalam tenda gelembung.

Ini bisa menjadi salah satu cara terbaik menikmati keindahan alam dan Aurora Borealis (cahaya utara) sepanjang malam.

7. Tidak ada nyamuk.

Suhu di sana naik dan turun dengan sangat drastis, dan pada satu hari di musim dingin, orang-orang bisa mengalami 4 musim. Meskipun ada sekitar 1.300 jenis serangga di sana, nyamuk tidak bisa bertahan hidup di tengah perubahan suhu yang tidak terduga.

8. Hiu fermentasi dianggap makanan lezat di Islandia.

Hákarl adalah hidangan tradisional yang membantu orang Islandia tetap terhubung dengan rumpun dan leluhur mereka. Hiu Greenland yang digunakan untuk hidangan ini beracun jika dimakan saat masih segar. Jadi, agar aman dimakan, orang Islandia mengawetkan dagingnya dengan proses fermentasi khusus dan mengeringkannya selama 4 sampai 5 bulan.

9. Koin Króna, mata uang Islandia, menampilkan spesies laut nasional di bagian depannya.

Semua koin króna Islandia menampilkan berbagai hewan air, termasuk lumba-lumba, ikan kod, dan kepiting pantai di sisi baliknya.

10. Mereka menjual udara Islandia dalam kaleng di toko oleh-oleh.

Namun, jika menginginkan pengalaman sesungguhnya, kamu juga bisa membelinya dalam tabung bertekanan dengan nozel khusus.

Bonus: Islandia tidak sedingin reputasinya.

Suhu udara Islandia dingin, tapi tidak sedingin dugaanmu. Bahkan Kanada, Rusia, Mongolia, Norwegia, Kirgizstan, dan Finlandia lebih dingin dibandingkan Islandia. Perkiraan suhu rata-rata tahunannya adalah 1,6 °C, sedangkan di Kanada suhunya −5,5 °C.

Mana di antara hal-hal ini yang paling mengejutkanmu? Pernahkah kamu menemukan fakta-fakta menarik lain tentang Islandia?

Bagikan Artikel Ini