Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

14 Bangunan Fantastis Ini Akan Membawamu ke Semesta Paralel

1-1-
11k

Semua orang tahu tentang Tujuh Keajaiban Dunia yang dibangun sejak dahulu kala. Tapi percaya tidak percaya, ada lebih banyak bangunan indah yang layak mendapatkan perhatian kita.

Sisi Terang memutuskan untuk mencari bangunan modern mana yang bisa disertakan dalam daftar keajaiban ini.

Dan ternyata, ada banyak! Lihatlah bangunan-bangunan yang mengusik imajinasi kita dengan bentuknya di bawah ini. Masyarakat dunia masa kini harus bangga dengan mahakarya arsitektural ini.

14. Gedung Teratai di Wujin, Tiongkok

Mekar di atas danau buatan di tengah Distrik Wujin, Tiongkok, inilah Gedung Teratai (the Lotus Building). Bangunan indah ini mengambil nama dan bentuk dari bunga teratai yang sedang mekar. Ide sang arsitek adalah membuat atmosfer yang mengagumkan, apa pun cuaca atau musimnya. Bangunan ini adalah kantor dari biro perencanaan kota.

13. Hotel menakjubkan di pergunungan Alpen

Walau masih berupa konsep, kami tidak bisa melewatkan hotel yang direncanakan akan dibangun di pergunungan Alpen ini. Perancangnya adalah Andrii Rozhko, dan dia terinspirasi oleh lanskap pergunungan yang dramatis. Hotel ini berada di tebing terjal dan memiliki eksterior kaca yang mencolok.

12. Kuil Teratai (the Lotus Temple) di desa Bahapur, India

Bangunan megah berbentuk teratai lainnya adalah tempat ibadah agama Baha’i. Tempat ini terbuka untuk semua orang, apa pun agama dan keyakinannya. Sembilan pintunya menuju ke tengah aula kuil, yang melambangkan kesatuan semua agama.

11. Rumah Kubus di Rotterdam, Belanda

Ada 40 rumah di jalan Overblaak, Rotterdam, yang memberikan kesan bahwa seluruh dunia menjadi jungkir balik. Rumah-rumah ini dibangun oleh seorang arsitek bernama Piet Blom, dan semua dinding dan jendelanya memiliki sudut 45 derajat.

Omong-omong, ada apartemen pribadi di dalamnya. Kami ingin tahu apa rasanya tinggal di sana!

10. Atomium di Brussels, Belgia

Siapa saja yang melihat bangunan ini mungkin berpikir ini hanya sebuah patung besar yang terbuat dari logam. Namun, ini sebenarnya adalah sebuah bangunan terkenal. Dengan menyusuri tabungnya, kita dapat berpindah di antara bola-bola dan mengunjungi museum sains atau restoran. Atomium menggambarkan 9 atom besi dalam kesatuan unit kubus dari kristal logam.

9. City of Arts and Sciences di Valencia, Spanyol

Ini merupakan salah satu contoh luar biasa dari arsitektur modern. Bangunan ini berlokasi tepat di atas air di tengah sebuah taman di Valencia. Bangunannya tampak sangat futuristik dan mirip dengan kerangka monster ajaib. Keseluruhan kompleksnya terdiri dari lima bangunan: plaza tertutup, bioskop IMAX, taman, museum sains, dan taman oseanografi.

8. Pusat Heydar Aliyev di Baku, Azerbaijan

Pusat Heydar Aliyev mungkin merupakan bangunan paling unik dan ternama di Kota Baku. Arsitek wanita yang brilian, Zaha Hadid, yang dikenal dengan kecintaannya terhadap bentuk-bentuk “alien” merancang bentuk “cair” dari bangunan ini. Di dalamnya terdapat aula pameran dan perkantoran.

7. Pusat perbelanjaan Emporia di Malmo, Swedia

Ini adalah pusat perbelanjaan terbesar di Skandinavia. Kaca lekuk gandanya menutupi celah diagonal yang memotong seluruh bangunan, memberikan efek terbelah. Di dalamnya, tamu dan pengunjung dapat melihat eskalator warna-warni, ayunan (alih-alih bangku), serta taman gantung.

6. La Muralla Roja di Calpe, Spanyol

Proyek perumahan di selatan Spanyol ini menjadi tempat tinggal impian semua orang. Namanya bisa diartikan sebagai “dinding merah”, dan bangunannya menggambarkan arsitektur populer dari daerah Mediterania Arab. Di bagian dalam bangunannya, warna merah digantikan oleh warna ungu dan biru.

5. Museum ArtScience di Singapura

Museum ini adalah salah satu atraksi utama di Singapura. Bentuknya mirip dengan satu tangan yang sedang menadah atau bunga teratai. Tiga pencakar langit di belakangnya dengan kapal di atasnya adalah Marina Bay Sands, hotel mewah dan mahakarya arsitektural lainnya dari Singapura.

4. Gerbang Capital di Abu Dhabi, UEA

Dengan ketinggian 159 meter dan 35 lantai, gedung ini adalah salah satu bangunan tertinggi di kota ini. Rekor Dunia Guinness menobatkan Gerbang Capital sebagai “menara buatan manusia yang condong dengan kemiringan terjauh”. Menara ini condong sejauh 18 derajat (sebagai pembanding, Menara Pisa hanya condong 4 derajat).

Nama lain dari pencakar langit ini adalah Menara Condong Abu Dhabi.

3. Markthal di Rotterdam, Belanda

Aula Pasar ini adalah yang paling indah di dunia. Bahkan Ratu Belanda datang ke upacara pembukaannya. Pasar ini berlokasi di dalam bangunan permukiman dengan bentuk melengkung. Interior bangunan dihiasi dengan karya seni dari Arno Coenen: buah, sayuran, ikan, dan bunga. Karena itu, beberapa orang menyebut pasar ini sebagai Kapel Sistina Rotterdam. Karya seninya bisa dilihat di sini.

2. Museum Guggenheim di Bilbao, Spanyol

Ini adalah salah satu bangunan bergaya Dekonstruktivisme paling spektakuler di dunia. Arsitek Philip Johnson menggambarkannya sebagai “bangunan terbaik dari zaman kita”. Museum ini memiliki pameran permanen dan temporer. Pameran permanen dikhususkan untuk karya seni abad ke-20. Jangan keliru mengenalinya sebagai Museum Guggenheim di Kota New York, ya!

1. Kunsthaus Graz di Graz, Austria

Galeri seni modern ini disebut “Alien Ramah”. Beberapa orang menganggapnya mirip dengan jantung paus atau kapal udara berbentuk bangunan. Kunsthaus adalah inovasi dari arsitektur blob, aliran bidang arsitektur yang bangunannya memiliki bentuk organik seperti ameba. Selain itu, “Alien” ini bercahaya di malam hari.

Bonus: Arsitektur dari sudut yang tidak biasa

Seniman media, Victor Enrich, dari Barcelona menciptakan bangunan luar biasa, membongkar dan mendesain kembali arsitektur yang sudah ada. Berkat imajinasinya dan keajaiban manipulasi fotografis komputer, pencakar langit dan bangunan lainnya tampak bengkok, berputar, dan terlihat bagian dalamnya.

Bangunan mana yang paling mengesankan bagimu? Pernah melihat aslinya?

Kredit foto pratinjau victorenrich.com
1-1-
11k
Bagikan Artikel Ini