Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

20 Tempat dengan Pemandangan Spektakuler yang Wajib Kamu Kunjungi

Kalau kamu berpikir sudah melihat semua tempat paling menakjubkan di Bumi, kami punya kejutan untukmu! Inilah daftar tempat-tempat unik yang mungkin belum pernah kamu lihat atau kunjungi, jadi, kamu wajib memasukkannya ke daftar tujuan wisatamu selanjutnya. Dijamin, tempat-tempat ini lebih indah dari yang bisa kamu bayangkan. Artikel ini juga akan mengajakmu menjelajahi dunia dan membuatmu terpana dengan kisah-kisah di balik tempat-tempat yang indah.

Sisi Terang sudah mengumpulkan 20 foto dari tempat menakjubkan yang wajib kamu kunjungi untuk liburanmu selanjutnya! Kami juga sudah menyiapkan bonus untukmu di akhir artikel.

1. Grand Prismatic Spring, Amerika Serikat

Mata air panas ini adalah yang ketiga terbesar di dunia, setelah Frying Pan Lake di Selandia Baru dan Boiling Lake di Republik Dominika. Diameternya 113 meter, yang artinya lebih besar daripada lapangan sepak bola (yang sedikitnya berukuran 90×45 meter persegi.)

2. Cappadocia, Turki

Kita semua tahu bahwa Turki dikenal akan pemandangannya yang cerah dan berwarna-warni. Meski begitu, tidak semua orang pernah melihat keindahan dari wilayah bersejarah di Turki ini. Cobalah tur balon udara yang dimulai saat matahari terbit, dan kamu akan bisa melihat ngarai yang dalam, lembah, dan “fairy chimneys” (cerobong asap peri) dari ketinggian.

3. Danau Mammoth, California, Amerika Serikat

Coba bayangkan dirimu menikmati mata air panas berbentuk hati di tengah lembah yang dikelilingi pemandangan super indah? Dari namanya (Mammoth yang berati Mamut), kamu bisa membayangkan ukuran dari pergunungan besar, hamparan lembah, dan danau pergunungan yang jernih ini.

4. Hotel Kakslauttanen, Finlandia

Apa yang pertama tebersit di benakmu saat mendengar kata “Arktika”? Kalau yang muncul adalah cuaca dingin, hamparan salju yang biasa-biasa saja, dan tidak ada tempat hangat dan nyaman, bersiap-siaplah, sebab hotel ini akan mematahkan semua stereotipmu dengan iglo kaca indah di tengah-tengah hutan. Iglo ini sangat cocok untuk mengamati keindahan aurora yang mengagumkan.

5. St. Michael’s Mount, Cornwall, Inggris

Kamu mungkin agak bingung dan mengira salah baca, tapi Le Mont-Saint-Michel di Prancis memang punya saudara kembar di Inggris. Kamu pasti akan terkesima dengan pemandangan di pulau St. Michael’s Mount lengkap dengan legenda, mitos, serta lebih dari 1.000 tahun sejarah luar biasa yang mengiringinya. Kastel dan kapel di sini adalah rumah Keluarga St. Aubyn sejak awal tahun 1650-an.

6. Cenote Ik-Kil, Meksiko

Meksiko kaya akan cenote (lubang-lubang yang terbentuk secara alami karena runtuhnya batuan kapur) dan salah satu tempat paling menakjubkan di Meksiko adalah Ik-Kil. Kalau kamu ingin mengunjungi cenote yang indah ini, bersiaplah untuk turun sejauh 26 meter. Kedalaman air di Ik-Kil mencapai 40 meter, sedangkan diameternya 60 meter.

7. Gua Smoo, Skotlandia

Gua Smoo adalah salah satu gua paling menarik dan mistis di Skotlandia. Gua ini juga merupakan salah satu gua laut terbesar di Britania. Smoo berarti “lubang” atau “tempat persembunyian”. Jadi, tempat ini tidak seramai lokasi wisata lain dan pastinya layak dikunjungi!

8. Ngarai Hitam di Colorado, Arizona, Amerika Serikat

Ngarai ini terletak di Sungai Colorado, di perbatasan antara negara bagian Nevada dan Arizona. Ngarai ini terbentuk sekitar 15 juta tahun lalu dan dinamai berdasarkan batuan vulkanik hitam yang ditemukan di area tersebut.

9. Pulau Socotra, Yaman

Tanaman di Pulau Socotra membuat tempat ini menjadi salah satu tempat paling aneh di Bumi. Pulau ini juga dikenal karena hampir tidak ada jalan, dan menjadi rumah bagi banyak gua dan sejumlah bangkai kapal.

10. Tongariro, Selandia Baru

Tongariro adalah taman nasional dan area Warisan Dunia di Selandia Baru. Antara tahun 2000 dan 2003, trilogi film The Lord of the Rings dibuat di sini.

11. Taman Nasional, Kepulauan Channel

Sark adalah salah satu pulau di Kepulauan Channel di Selat Inggris bagian barat daya dan merupakan salah satu tempat tersembunyi paling keren di Bumi (populasinya sendiri hanya terdiri dari sekitar 500 orang.) Mobil dilarang masuk ke jalanan di Sark dan hanya traktor serta kendaraan yang ditarik kuda yang diizinkan melintas.

12. Terowongan Wisteria, Kitakyushu, Jepang

Salah satu alasan untuk mengunjungi tempat indah ini adalah keberadaan sekitar 150 tanaman bunga Wisteria dari 20 spesies berbeda. Untuk melihat terowongan ajaib yang dipenuhi bunga yang mekar, kamu sebaiknya datang pada akhir April atau awal Mei.

13. Bajos del Toro, Kosta Rika

Bajos del Toro adalah surga di Provinsi Alajuela yang belum banyak diketahui orang. Ini adalah jalan menuju Air Terjun Harta Karun Tersembunyi. Jadi, luangkan waktumu untuk mendaki jalan setapak melewati air sebening kristal, lalu turuni tangga untuk menuju air terjun yang keindahannya takkan pernah bisa kamu bayangkan ini!

14. Reruntuhan San Ignacio Miní, Argentina

Tempat ini dianggap sebagai salah satu tempat paling unik dan rahasia di dunia. Reruntuhan San Ignacio Miní adalah kompleks misi Yesuit abad ke-17. Bangunan yang ada di sana terdiri dari rumah sakit, sekolah, asrama, dan gereja batu dengan interior kayu. Kompleks ini bertahan selama sekitar 2 abad sebelum penduduk lokal menghancurkannya.

15. Gunung Edith Cavell, Kanada

Pada tahun 1916, gunung ini diberi nama Edith Cavell, yang diambil dari nama seorang perawat Inggris yang dieksekusi oleh tentara Jerman dalam Perang Dunia I karena membantu tentara Sekutu melarikan diri ke Belanda dari wilayah Belgia yang diduduki Jerman. Di sana, kamu bisa menemukan hutan subalpin (yaitu hutan pergunungan dengan ketinggian di atas 2400 meter dpl) yang semerbak, padang rumput alpin yang luas, dan pemandangan Gunung Edith Cavell, serta Gletser Angel.

16. Gua Marble, Chili

Gua Marble di Patagonia yang menakjubkan terbentuk oleh ombak selama 6.200 tahun terakhir. Keajaiban alam ini hanya dapat diakses dengan perahu. Yang membuat tempat ini makin misterius adalah warna Gua Marble berubah-ubah pada waktu-waktu tertentu sepanjang tahun.

17. Danau di Sabah, Malaysia

Pantai-pantai di Sabah serta danau-danaunya sangat dikenal karena airnya yang jernih dan pasir putihnya. Matahari terbenam yang paling menakjubkan di dunia dan pulau-pulau terpencil di sini pasti membuatmu terpesona dan takkan ingin meninggalkan surga ini.

18. Restoran Bawah Laut Ithaa, Maladewa

“Ithaa” memiliki arti “induk mutiara”. Restoran ini terletak 5 meter di bawah permukaan laut di Pulau Conrad Maldives Rangali. Ithaa adalah restoran bawah laut dengan konstruksi serba kaca pertama di dunia. Restoran ini menawarkan pengalaman makan dan menonton ribuan ikan di bawah laut tapi tetap kering dan hangat, serta ditemani suasana yang nyaman.

19. Pantai Merah Panjin, Tiongkok

Warna pantai ini sangat unik dan ada jenis tumbuhan spesial bernama Suaeda vera. Tanaman ini tetap hijau selama musim panas, tetapi pada musim gugur, warnanya berubah menjadi merah tua yang membuat pemandangan lautnya dihiasi goresan warna merah yang memukau. Sebagian besar Pantai Merah adalah cagar alam, jadi, biasanya tertutup untuk umum. Hanya sebagian kecil dan terpencil yang terbuka untuk turis.

20. Taman Nasional Danau Plitvice, Kroasia

Indah sekali, bukan? Di ujung paling atas dari Upper Lake (Danau Atas), ada air terjun yang sebagian areanya tersembunyi oleh dedaunan lebat dan membuatnya agak sulit ditemukan. Jadi, kalau kamu benar-benar ingin melihat harta karun ini, berhati-hatilah dan perhatikan keadaan sekitarmu!

Bonus: Bagi kamu yang punya hobi membaca buku — silakan mampir ke Perpustakaan Buku dan Manuskrip Langka Beinecke, di Universitas Yale.

Perpustakaan ini adalah salah satu perpustakaan terbesar di dunia dengan buku dan manuskrip langka serta berbagai arsip sastra, seperti manuskrip mula-mula. Ada ruangan yang menampung 180.000 volume buku di bagian tengah perpustakaan dan ada lebih dari satu juta volume buku di ruang bawah tanah. Suhu dan kelembapan tempat ini dikontrol dengan cermat untuk melindungi warisan bagi generasi mendatang.

Apa kamu sudah pernah pergi ke salah satu tempat di atas? Kalau sudah, bagikan cerita, pengalaman, dan fotomu di kolom komentar di bawah, ya! Kalau belum, coba tulis tempat mana yang paling ingin kamu kunjungi!

Bagikan Artikel Ini