25+ Foto Istanbul Ini Bisa Mengubah Pandanganmu tentang Turki

Istanbul adalah kota yang super unik. Beberapa wisatawan beruntung yang pernah mengunjungi tempat ini ingin membagikan apa yang mereka temui dan abadikan tentang perbedaan Istanbul dengan tempat-tempat lain di Turki. Turki sering dianggap sebagai tempat liburan pantai yang murah, dan orang terkadang melupakan kekayaan sejarah dan suasananya yang unik. Selain itu, orang-orang di sana juga terkenal ramah. Kalau kamu belum percaya, silakan baca artikel ini dan lihat sendiri buktinya.

Sisi Terang juga merasa jalan-jalan virtual seperti ini tidak akan bisa menggantikan serunya jalan-jalan sungguhan. Namun terkadang, koleksi foto yang indah dapat mengungkapkan banyak hal tentang suatu negara atau kota dibanding yang dapat disampaikan lewat brosur pariwisata mana pun.

Penduduk kota yang murah hati di Istanbul membangun rumah beratap untuk kucing jalanan.

  • Istanbul adalah kota kucing. Kalian bisa melihat kucing di mana-mana dan semuanya sama sekali tidak takut pada manusia. Kucing-kucing ini juga punya rumah dan mangkuk berisi makanan yang disediakan oleh warga Istanbul yang baik hati. © Pepperucho / Pikabu

Anjing liar pun tidak ikut ketinggalan.

Pemandangan dari perpustakaan Universitas Istanbul.

Di sini juga turun salju.

  • Aku tinggal di Istanbul. Kemarin, salju turun sampai 2 cm di sini. Fasilitas pendidikan ditutup, transportasi tidak berfungsi, dan ujian ditunda. © Sapro / Pikabu

Matahari terbenam di Istanbul.

Ada 2 jenis toilet umum, sama seperti di Indonesia.

Bilik-bilik kamar mandi umum di sini dibagi menjadi 2 jenis—bilik dengan toilet duduk dan toilet jongkok. Orang-orang Turki sendiri menganggap toilet jongkok lebih higienis. Toilet jenis ini lebih mudah dibersihkan dan kita tidak perlu menyentuh tempat duduknya saat buang air.

Ini bukan Amsterdam, apalagi Porto. Ini adalah daerah Balat di Fatih, Istanbul.

Mungkin, ini adalah salah satu masjid paling unik di kota ini. Dan ada sekitar 3.000 masjid di Istanbul.

Nama masjid ini adalah Marmara Üniversitesi İlahiyat Fakültesi Camii atau Masjid Fakultas Teologi Universitas Marmara.

Tombili adalah kucing jalanan yang duduk termenung selama berhari-hari dan bersandar menggunakan kakinya ke trotoar. Kucing itu mati pada tahun 2016 dan penduduk kota memasang monumen untuk mengenangnya.

“Dan inilah pemandangan dari jendelaku, di lantai 36, di Istanbul. Pada malam hari, pemandanganya 100 kali lebih indah.”

Salah satu hotel termodis dan terkenal di Istanbul didirikan di gedung bekas penjara.

Tanpa diragukan lagi, Hotel Four Seasons yang mewah di Sultanahmet Square adalah hotel terunik di Istanbul. Dahulu, tempat ini penuh dengan sel tahanan, dan kini, ada suite mewah untuk wisatawan kaya. Penjara ini dibangun di tengah-tengah kota pada tahun 1918. Di pintu masuk, ada papan yang bertuliskan: “Pusat Penahanan Penjahat Istanbul” yang tidak dilepas.

Kalau kamu mau minum teh, beginilah cara menikmatinya.

Stasiun kereta api di Istanbul.

Contoh lain dalam merawat hewan dapat terlihat dari pemberi makan otomatis untuk anjing dan kucing jalanan ini. Alat ini dipasang di berbagai sudut kota.

  • Alat pemberi makan ini digabungkan dengan tempat sampah daur ulang, seperti kertas, kardus, plastik, dan kaca. Setiap kali kamu membuang sampah ke tempat sampah ini, makanan dan air untuk hewan keluar dari tangki ke mangkuk. © nukaktovottak / Pikabu
  • Dengan memasukkan botol kosong, 18 gram makanan keluar untuk anjing dan kucing liar. © sveta04 / Pikabu

Sancaklar adalah masjid bawah tanah pertama yang terletak di kedalaman hampir 7 meter.

  • Pada tahun 2013, Sancaklar memenangkan penghargaan arsitektur untuk Bangunan Religius Terbaik di Festival Arsitektur Dunia.
  • Pada tahun 2018, Sancaklar menerima Penghargaan Royal Institute of British Architects (RIBA) yang bergengsi untuk inovasi, keunggulan desain, dan eksekusinya. Sancaklar termasuk dalam daftar 20 gedung baru terbaik di dunia.

“Aku melihat Lamborghini Urus di Istanbul hari ini. Sedikit bocoran, ini taksi.”

Menara Leandros (Kız kulesi).

  • Oh, foto ini menunjukkan suasana Menara Leandros dengan sempurna... Menurutku, menyenangkan sekali melihat pemandangan ini dari dalam kapal feri yang nyaman dengan segelas salep hangat di tanganmu. © oooooook / Pikabu

Penduduk setempat menutupi anjing liar dengan selimut saat cuaca sedang tidak bersahabat.

Badai petir menyelimuti Istanbul.

“Baru-baru ini, aku menghabiskan beberapa hari di Istanbul bersama seorang teman. Menurut dia, ini adalah sarapan khas Turki yang dia makan untuk memulai hari-harinya.”

Pemandangan sehari-hari di bus kota Istanbul.

Istanbul adalah kota penuh kontras.

Ide bagus! Tempat pengisian daya gadget di transportasi umum!

Keindahan Hagia Sophia sangat memesona dan menakjubkan.

Sistem pembayaran tarif transportasi umum Istanbul yang super canggih.

Perairan Bosphorus terkadang menimbulkan warna yang sangat unik.

Bahkan, pintu-pintu di sini sudah terlihat seperti karya seni.

“Ketika orang bertanya seperti apa bentuk Istanbul kepadaku, aku menunjukkan foto ini kepadanya.”

  • Aku selalu bilang ke semua orang bahwa Istanbul itu ibarat ombak. Rumah-rumah di sana dibangun di atas perbukitan yang naik turun, seperti terlihat dalam foto ini. © seenaithesin / Reddit

Apa kamu juga ingin melihat Istanbul langsung dengan mata sendiri? Atau mungkin kamu termasuk orang-orang beruntung yang sudah pernah mengunjungi kota ini?

Kredit foto pratinjau esberat / reddit
Bagikan Artikel Ini