8 Fakta Kehidupan di Jerman yang Bisa Membuatmu Berkata, “Wow!”

Ketika datang ke Jerman untuk pertama kalinya, kamu pasti tidak tahan untuk tidak berseru “Wah! Itu luar biasa!” Artikel kita ini bukan tentang jalan-jalan, melainkan hal-hal sehari-hari yang membuat hidup manusia lebih nyaman. Jika kamu membaca artikel ini sampai selesai, kamu akan siap merencanakan kunjungan ke negara ini.

Sisi Terang telah mengumpulkan beberapa hal menarik yang sangat normal bagi orang Jerman.

Parkir

Area parkir untuk wanita. Biasanya, tempat ini berada di area yang lebih nyaman dibanding tempat lain dan ini bukan tentang sikap kesatria. Beginilah orang Jerman mencegah kemungkinan serangan terhadap wanita yang cukup umum terjadi di area parkir bawah tanah. Area parkir bagi wanita berlokasi lebih dekat ke jalan keluar parkiran guna membantu wanita jika terjadi ancaman.

Pengendara sepeda

Jerman adalah negara pengendara sepeda. Mereka ada di mana-mana. 96% dari seluruh penduduk Jerman punya sepeda. Karena itu, sebelum kamu keluar dari mobil, sebaiknya pastikan dulu tidak ada pengendara sepeda yang lewat.

Juga, jangan berjalan di jalur sepeda. Kalau tidak, kamu akan diklakson pengendara sepeda.

Swalayan

Hal pertama yang mungkin membuatmu kagum adalah semua label harga mencantumkan harga untuk satuan 1 kg, 100 gr dan 1 liter. Kamu bisa menemukan harga produk per 1 kg (100 g atau 1 liter), tepat di bawah harga “primer.” Ini membantu pelanggan memilih produk dengan harga yang paling menguntungkan.

Ketika membeli sebotol air, perhatikan label harganya: harga botol terpisah dari harga air. Kamu akan mendapatkan uangmu kembali kalau mengembalikan botol ini kepada swalayan.

Bersiaplah untuk mendapatkan harga botol di notamu (juga secara terpisah).

Biasanya, semua toko tutup pukul 20.00 dan beberapa mal bahkan tutup pukul 19.00. Ada regulasi khusus yang mengatur jam buka semua toko. Ingat ini ya, kalau kamu sedang merencanakan acara hari ini.

Anjing

Kamu akan melihat masyarakat bersama anjing di mana-mana di Jerman: di kereta bawah tanah, di berbagai kafe, taman, dan lapangan.

Kamu juga akan menemukan kantong-kantong limbah anjing di semua jalan distrik. Kantong bekas bisa dibuang di bak sampah khusus yang bahkan tidak perlu kamu sentuh dengan tangan.

Kamar kecil

Dalam berbagai acara, urinoar atau peturasan seperti ini dipasang. Fasilitas ini gratis, sehingga kamu bisa menghemat hingga sekitar Rp13 ribu yang biasanya harus kamu bayarkan di urinoar swasta. Sayangnya, ini hanya diperuntukkan bagi pria.

Inilah “fasilitas” yang cocok bagi para orang tua: meja untuk mengganti pakaian bayi lengkap dengan persediaan popok gratis. Meja-meja ini terdapat di hampir semua kamar kecil umum.

Papan nama dan dekorasi toilet di Jerman sering diunggah di Instagram dan Facebook oleh para wisatawan.

Terkadang, kamar kecil di sana menjadi mahakarya sesungguhnya.

Kartu merah

Arschkarte (“arsch” artinya “pantat”, “karte” adalah “kartu”) bisa diterjemahkan menjadi “kartu pantat.” Istilah ini muncul saat semua pesawat televisi masih hitam putih. Untuk mencegah kesalahpahaman, wasit biasa meletakkan kartu penalti di saku yang berbeda. Mereka memasukkan kartu kuning di saku dada dan kartu merah di saku belakang celana pendek mereka, sehingga orang akan tahu warna kartu berdasarkan dari saku mana kartu itu diambil.

Sekarang pun, orang Jerman masih punya ungkapan “Arschkarte gezogen” yang artinya “menarik kartu merah atau kartu pantat.” Istilah ini dipakai ketika sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi.

Sauna

Di Jerman, ruang sauna pria dan wanita sama dan biasanya mereka tidak memakai pakaian renang. Handuk hanya dipakai untuk tujuan kebersihan: untuk duduk. Omong-omong, kamar ganti bersama untuk pria dan wanita juga umum di sana.

Humor gaya Jerman

Orang bilang sulit sekali membuat orang Jerman tertawa.

Bonus

Oktoberfest, salah satu festival bir paling terkenal, juga merupakan festival rakyat terbesar di seluruh dunia. Tidak banyak yang tahu kalau sebenarnya acara ini dimulai di bulan September, sehingga kamu bisa mengunjunginya lebih awal daripada yang kamu kira.

Untuk merencanakan perjalananmu dengan lebih baik, kunjungi situs web resminya dan cari tahu kapan persisnya acara itu akan diadakan.

Apa kamu pernah ke Jerman? Apa yang paling berkesan bagimu? Ceritakan kepada kami di kolom komentar, ya!

Kredit foto pratinjau Olga Ivanitckaia / Facebook
Bagikan Artikel Ini