Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa

8 Lokasi di Bumi Tempat Hukum Gravitasi Tidak Berlaku

Planet Bumi hidup dengan hukum gravitasi yang ditemukan oleh Sir Isaac Newton. Tapi ada anomali gravitasi di beberapa tempat dan hukum ini tidak bisa diterapkan di sana, mobil bisa mendaki bukit dalam keadaan mesin mati, air terjun yang tidak terjun, dan sebuah batu yang sangat berat bisa tergeletak di atas batu karang pada sudut yang sangat aneh tanpa terjatuh.

Di Sisi Terang, kami menyukai tempat-tempat misterius dan ingin mengunjungi masing-masing tempat itu. Tapi untuk sementara ini, mari kita nikmati foto dan videonya dulu.

1. Air terjun “terbalik” di Inggris.

Air terjun ini berlokasi tidak jauh dari Hayfield dan airnya naik ke atas, sehingga tampak lebih menyerupai air mancur. Rahasia dari air terjun terbalik ini adalah angin yang sangat kencang di sana, sehingga air yang turun tertangkap oleh angin dan didorong kembali ke atas. Biasanya, ketinggian air terjun ini sekitar 24 meter. Dari mana datangnya angin yang luar biasa kuat ini?

2. Rumah misteri di Oregon, AS.

Ada sebuah kabin terpencil jauh di dalam hutan yang dibangun di dekat Oregon Vortex yang mistis. Penduduk pribumi Amerika menyebutnya “Tanah Terlarang”, tempat yang harus dihindari. Dipercaya bahwa di sana terdapat semacam medan kekuatan bulat—setengahnya berada di bawah permukaan tanah dan sisanya berada di atasnya. Fenomena ini membuat orang merasakan realitas yang sangat berbeda. Berjalan di sana hampir mustahil—kamu takkan tahan kecuali berpegangan pada dinding agar tidak terjatuh ke laut. Di sini juga ada sebuah sapu yang tidak bisa jatuh. Kapan saja kamu meletakkannya dalam kabin, dia akan terus berdiri tegak. Di tempat misterius ini, bola menggelinding pada permukaan yang sama sekali datar. Tidak ada tipu daya di sini: para wisatawan bahkan telah menggunakan alat-alat khusus untuk mengukur kemiringan dan sudutnya.

3. Jalan di kaki Gunung Aragats di Armenia.

Di perbatasan Turki dan Armenia, ada sebuah gunung yang mencengangkan. Ribuan pelancong datang ke gunung ini setiap tahun untuk menyaksikan fenomena antigravitasi. Jika kamu mematikan mesin mobil di kaki gunung, mobil akan berjalan mendaki dengan sendirinya. Ada sungai di dekat situ yang juga mengalir ke atas. Banyak orang yang pernah berada di sini menyatakan lebih mudah mendaki daripada menuruni gunung.

4. Bendungan Hoover di Nevada, AS.

Ketika naik ke atas bendungan setinggi 221,4 meter ini, kamu bisa melakukan eksperimen sederhana. Cobalah tuang sedikit air dari botol. Air tidak akan mau mengalir turun seperti biasa, tapi akan terbang ke atas! Hal yang sama akan terjadi jika kamu mencoba melemparkan benda ringan dari ketinggian yang sama—ia akan melayang karena aliran udara yang kuat.

5. Devils Tower, Wyoming, AS.

Devils Tower adalah sebuah formasi yang berlokasi di Bear Lodge Ranger, Distrik Black Hills, Wyoming. Bentuk dan ukuran gundukan yang sempurna menjadikannya pemandangan yang paling penting di Wyoming. Para pendaki juga menyukainya. Tapi karena alasan tertentu, mereka yang telah mendaki Gunung Everest pun tidak mampu mencapai puncak Devils Tower. Ketinggiannya hanya 386,2 meter, tapi karena dindingnya yang curam, membuat pendakian sampai ke puncaknya mustahil—dan bahkan mungkin akan lebih sulit lagi untuk kembali turun.

6. Jalan misterius di Korea Selatan.

Botol-botol dan kaleng kosong yang tertinggal di jalan di Pulau Jeju ini biasanya akan menggelinding ke atas—para wisatawan telah mencobanya berulang kali. Otoritas yang menyadarinya dengan segera menjadikan tempat ini sebagai atraksi wisata dan bahkan telah memasang tanda peringatan di dekat situ yang menunjukkan di mana tempat dimulainya anomali gravitasi.

7. Batu emas di Myanmar.

Batu ini tertutup emas dan sepertinya akan jatuh kapan saja. Tapi kenyataannya, batu tersebut telah berada di tempat yang sama selama 2.500 tahun! Batu besar itu bertengger di ketinggian mendekati 15 meter dengan sebuah pagoda yang dibangun di atasnya. Menurut ceritanya, batu besar itu ditahan oleh rambut Buddha yang berada di dalamnya. Batu itu tidak ditempelkan, dan siapa saja bisa menggerakkannya, tapi alam belum menjatuhkannya. Dikatakan, hanya wanita saja yang bisa memindahkan batu itu. Karena itulah, wanita tidak diperbolehkan menyentuh batu tersebut.

8. Batu Davasko di Argentina.

Batu besar ini telah kalah bertarung melawan gravitasi. Batu yang beratnya lebih dari 300 ton telah bertengger di pinggiran batu karang besar selama beberapa ribu tahun sebelum kini menjadi sedikit condong. Penduduk lokal memeriksanya—mereka meletakkan sebuah gelas di dasarnya dan gelas itu pecah. Pada tanggal 29 Februari 1912, batu Davasko jatuh. Itu sangat mengejutkan penduduk setempat. Dan 95 tahun kemudian, mereka meletakkan tiruannya yang terbuat dari plastik. Beratnya hanya 9 ton dan ditempelkan pada batu karang.

Apa kamu pernah mengunjungi tempat-tempat di mana hukum gravitasi tidak berlaku atau menyaksikan fenomena lain yang menakjubkan? Ceritakan kepada kami, ya!

Kredit foto pratinjau Mark Angear / youtube
Bagikan Artikel Ini