Sisi Terang
Sisi Terang

8 Cara Efektif untuk Mencegah Strok serta Menghilangkan Sakit Kepala dan Kelelahan

Kalau kamu menderita gejala seperti brain fog atau kabut otak, kelelahan, sakit kepala terus-menerus, atau depresi, kamu mungkin memiliki aliran darah serebral yang tidak lancar. Ada beberapa alasan mengapa otakmu tidak bisa mendapatkan cukup darah, dari stres dan tekanan darah tinggi hingga pembekuan darah. Mengabaikan tanda-tanda awal sirkulasi darah yang buruk bahkan dapat menyebabkan hipoksia, kondisi di mana sel-sel otakmu mulai mati karena tidak mendapatkan cukup elemen penting untuk bekerja dengan baik.

Sisi Terang membuat daftar metode yang paling efektif untuk meningkatkan aliran darah ke otak yang dapat kamu coba dengan mudah di rumah.

8. Terus aktif

Ketika kamu melakukan olahraga intensitas tinggi, otot-ototmu membutuhkan lebih banyak nutrisi dan darah didistribusikan kembali ke sana. Hal ini menyebabkan penurunan aliran darah ke otakmu. Sebaliknya, olahraga yang mudah dan intensitas sedang dapat membantumu meningkatkan sirkulasi otak.

Secara umum, semua aktivitas aerobik memiliki efek positif pada aliran darah otak. Jadi, kamu bisa memilih untuk melakukan olahraga seperti berenang, bersepeda, menari, atau melakukan yoga di tempat terbuka. Semua ini akan bermanfaat bagi kesehatanmu.

Kalau kamu tidak punya cukup waktu untuk berlatih olahraga apa pun, cukup lakukan jalan cepat dan singkat selama sekitar 30-50 menit sepanjang hari. Ketika kakimu menyentuh tanah, ini akan mengirimkan gelombang tekanan melalui arterimu yang sebagai gantinya mengirim lebih banyak darah dan oksigen ke otakmu.

Selain itu, jangan lupa untuk aktif bergerak setiap kali ada kesempatan: naik tangga alih-alih lift, turun dari bus satu halte sebelum tempat tujuanmu sehingga kamu harus berjalan kaki di sisa perjalananmu, dan pilih cara lain untuk sampai ke supermarket favoritmu.

7. Regangkan ototmu.

Peregangan tidak hanya meningkatkan sirkulasi keseluruhan dalam tubuhmu dengan mencegah kekakuan pada sendi dan ototmu, tapi juga membantu otakmu menerima lebih banyak oksigen dan elemen penting lainnya agar dapat bekerja dengan baik.

Peregangan terbaik untuk meningkatkan sirkulasi ke otak adalah pose inversi, yaitu posisi dengan kepala berada di bawah jantungmu. Latihan peregangan paling sederhana dan paling efektif yang dapat kamu lakukan di rumah adalah pose downward-facing dog dan standing forward bend. Tapi berhati-hatilah saat mempraktikkannya. Kalau kamu merasakan sakit atau tidak nyaman di bagian punggung, segera konsultasikan dengan doktermu.

6. Lebih sering bermeditasi

Menurut beberapa studi, meditasi dapat menawarkan banyak manfaat bagi otak yang mencakup peningkatan sirkulasi ke organ ini. Misalnya, jika kamu berlatih meditasi menyanyi yang disebut Kirtan Kriya selama 12 menit sehari, kamu mungkin akan merasakan pikiranmu menjadi lebih jernih, ingatanmu membaik, dan suasana hatimu lebih stabil.

Cara melakukannya:

  • Duduk dalam posisi bersila sederhana dengan leher lurus, dagu ke bawah, dan tangan di lutut dengan telapak tangan menghadap ke atas.
  • Mulai melantunkan, “Saa Taa Naa Maa”. Katakan, “Saa” dan sentuh ibu jarimu ke jari telunjuk; ucapkan, “Taa” dan gerakkan ibu jari ke jari tengahmu; ucapkan, “Naa” dan sentuh ibu jarimu ke jari manis; lalu ucapkan, “Maa” dan gerakkan ibu jarimu ke jari kelingking.

5. Jangan takut dengan air dingin.

Membiarkan dirimu terpapar dingin juga dapat membantu membuat lebih banyak darah mengalir ke otakmu. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan dengan membenamkan kaki atau tanganmu ke dalam air dingin hanya selama beberapa menit, dapat meningkatkan tekanan darah, memperlambat detak jantung, dan membuat pembuluh darah di jantung dan otakmu bekerja lebih cepat.

Selain mencelupkan tangan dan kaki ke dalam air dingin, kamu juga bisa mulai mandi air dingin setiap hari. Tidak diragukan lagi, hal ini mungkin tidak menyenangkan pada awalnya, tapi efek yang ditinggalkan pasti sepadan. Kamu bisa mulai dengan menyelesaikan mandi dengan menyiram air dingin setidaknya selama 30 detik, lalu seiring waktu menambah durasinya.

Paparan dingin juga merangsang saraf vagus, salah satu saraf terpanjang di tubuhmu yang menghubungkan batang otak ke jantung, paru-paru, dan saluran pencernaan. Saraf ini mengontrol detak jantung, mengatur tekanan darah, dan keseimbangan glukosa darah.

4. Berjemur

Paparan cahaya terang dan matahari meningkatkan fungsi otak dengan meningkatkan produksi alami nitrogen monoksida, zat yang melebarkan pembuluh darahmu dan menurunkan tekanan darah. Paparan sinar matahari juga membantu kulitmu menghasilkan lebih banyak vitamin D yang penting untuk kesehatan otakmu, memori yang baik, dan sirkulasi darah yang tepat.

Jadi, kalau kamu menghabiskan setidaknya 10 menit setiap hari di bawah sinar matahari saat musim panas, kamu tidak perlu takut mengalami depresi atau jenis gangguan kognitif lainnya karena otakmu mendapatkan cukup nutrisi penting.

3. Perbaiki dietmu.

  • Makan lebih banyak cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung biji kakao yang kaya akan flavonoid. Fitonutrien ini juga meningkatkan kinerja kognitifmu dan meningkatkan aliran darah ke area utama otakmu 2-3 jam setelah memakannya. Untuk mendapatkan hasil ini, penting untuk memilih jenis cokelat hitam yang setidaknya mengandung 70% kakao.
  • Sertakan makanan super (superfood) ke dalam dietmu. Memakan kacang-kacangan, biji-bijian, dan bluberi dapat memiliki dampak positif dalam menjaga otak tetap sehat, karena makanan ini memiliki nilai gizi tinggi dan mengandung vitamin E. Alpukat, makanan super lainnya, juga tinggi lemak tak jenuh tunggal yang bantu mengontrol kadar kolesterolmu dan menurunkan tekanan darah.
  • Minum jus buah bit. Bit kaya akan nitrat dan mengubahnya menjadi nutrisi setelah memasuki tubuhmu. Studi menunjukkan bahwa dosis tunggal zat ini yang terkandung dalam 443 ml jus buah bit mampu memperlebar pembuluh darahmu, meningkatkan aliran darah ke otak, dan secara signifikan meningkatkan kinerja kognitifmu.

2. Mengunyah permen karet.

Ternyata mengunyah permen karet dapat meningkatkan aliran darah ke otak hingga 25-40% dan meningkatkan kinerja kognitif serta fungsi otakmu dengan meningkatkan pasokan oksigennya. Gerakan mengunyah merangsang saraf dan area di otak yang terkait dengan gairah, sehingga dapat membantumu merasa lebih terjaga di siang hari.

Terus menerus mengunyah permen karet juga mengaktifkan hippocampus, bagian dari otak yang memengaruhi memori dan keterampilan belajar. Keuntungan lain yang lebih mengejutkan dari aktivitas ini adalah dapat mengubah pola gelombang otakmu sehingga kamu merasa lebih fokus dan santai.

1. Minum suplemen makanan.

  • Mengonsumsi asam lemak omega-3. Sayangnya, kita tidak mengonsumsi cukup makanan dengan lemak esensial dan tubuh kita tidak dapat memproduksinya sendiri. Namun, otak dan sistem sarafmu membutuhkannya untuk bekerja dengan baik. Jadi, jika mulai mengonsumsi suplemen omega-3, kamu akan dapat secara signifikan mengurangi peradangan otak, meningkatkan memori, suasana hati, dan kognisimu.
  • Minum Ginkgo biloba. Daun pohon Ginkgo biloba mengandung flavonoid dan terpenoid yang efektif dalam meningkatkan kesehatan otak. Flavonoid adalah antioksidan kuat yang melindungi pembuluh darahmu dari kerusakan akibat radikal bebas, sementara terpenoid bertanggung jawab untuk memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi otak secara keseluruhan.

Apa kamu tahu cara lain untuk meningkatkan sirkulasi darah ke otak? Bagikan pengalamanmu dengan kami di kolom komentar!

Sisi Terang/Kesehatan/8 Cara Efektif untuk Mencegah Strok serta Menghilangkan Sakit Kepala dan Kelelahan
Bagikan Artikel Ini
Artikel menarik lainnya