9 Kiat Kehidupan Mudah Agar Tubuhmu Terasa Seperti Baru

Seringnya, kita mengira bahwa untuk menjadi sehat, butuh banyak upaya, waktu, dan biaya. Tapi kenyataannya, kita bisa mengubah hidup kita dan merasa lebih sehat hanya dengan melakukan beberapa kebiasaan baru dalam rutinitas sehari-hari. Misalnya, kamu dapat memutihkan gigi dengan buah dan menambah secangkir kopi lagi untuk mendapatkan kantong empedu yang sehat. Dalam artikel ini, akan kami tunjukkan cara-cara alami dan terjangkau yang ada di luar sana untuk merawat kesehatanmu.

Tim Sisi Terang menghadirkan sejumlah kiat kehidupan mudah untuk merawat tubuhmu dengan benar dan mencintai dirimu sendiri.

1. Cobalah jus anggur untuk menyembuhkan migrainmu.

Jika kamu menderita migrain dan sedang mencari cara untuk menghentikan sakit yang tak tertahankan itu, jus anggurlah jawabannya. Karena migrain terutama disebabkan oleh ketidakseimbangan kimia otak seperti serotonin, jus anggur bisa dipakai untuk mengatasinya. Minuman ini tidak akan berfungsi sebagai pereda rasa sakit, tapi sebagai langkah pencegahan. Jadi, begitu kamu merasakan serangan migrain, minumlah jus anggur untuk mencegahnya.

Karena kaya akan vitamin C, A, dan B2, maka vitamin inilah yang bisa membantu mencegah timbulnya migrain. Mari kami uraikan untukmu. Vitamin B2, yang juga dikenal sebagai riboflavin yang bertanggung jawab untuk mengobati migrain membantu menyeimbangkan zat-zat kimia dalam otakmu, dan bertindak sebagai lawan zat besi guna menurunkan kandungan zat besi dalam darah yang mungkin bisa menyebabkan migrain.

2. Konsumsi ikan salmon untuk membantu rambutmu tumbuh berkilau dan sehat.

Rambut yang tampak sehat adalah impian semua orang, terutama saat kita bangun, memandang cermin, dan menyadari saat hari-hari baik mengalahkan hari-hari rambut bermasalah. Masalahnya adalah, bukan apa yang kamu oleskan di ujung rambutmu, tapi juga pada apa yang kamu makan. Trik kuncinya di sini adalah ikan salmon. Salmon kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga rambut dan kulit kepalamu tetap terhidrasi.

Sebagai tambahan, omega-3 meminyaki kulit kepala dan menjaga folikel rambut tetap bersih dan sehat. Karena omega-3 sebenarnya adalah protein, kekurangan zat ini menghambat pertumbuhan rambut yang normal. Jadi, semakin banyak salmon yang dikonsumsi, semakin sehat kamu dan rambutmu. Di samping itu, karena efek melembapkannya, omega-3 mengurangi peradangan, membantu mengatasi ketombe, dan mengurasi kekeringan yang semuanya akan berkontribusi terhadap rapuhnya rambut.

3. Kamu dapat menurunkan berat badan dengan minum air lemon + garam.

Sudah banyak diketahui bahwa air lemon itu menyehatkan bagimu, tapi rasanya tidak selezat segelas jus jeruk atau bahkan minuman energi. Lemon dan garam adalah dua bahan ajaib yang membantu mengeluarkan racun-racun dari tubuhmu dan membantu menurunkan berat badan dengan cukup cepat. Hal ini karena kedua bahan ini meningkatkan pergerakan ususmu dan menurunkan nafsu makan, sehingga meniadakan kelebihan asupan kalori.

Lemon dan garam juga bisa mempercepat metabolismemu dan bahkan ada penelitian yang bisa mendukungnya. Menurut National Institute of Health, minum banyak air akan meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan fungsi mitokondria (yang membantu menghasilkan lebih banyak energi dalam tubuh tanpa membutuhkan kalori untuk melakukannya) dan mengeluarkan termogenesis (proses metabolisme di mana kalori dibakar lebih cepat untuk menghasilkan panas).

4. Putihkan kukumu dengan pasta gigi.

Wajar jika kita mengalami kuku yang menguning, tapi terkadang hal itu tidak enak dipandang. Jadi, jika kamu sedang mencari cara untuk memutihkan kuku secara alami, pasta gigilah jawabannya. Pasta gigi bukan hanya memutihkan dan melindungi gigimu, tapi itu juga berlaku bagi kukumu, karena keduanya berbasis keratin.

  • Untuk kiat ini, cukup ambil sikat gigi yang bersih, oleskan sedikit pasta gigi di ujungnya, dan mulailah menggosok kukumu dengan ringan. Biarkan selama satu menit, cuci tangan seperti biasa, dan ta-ra!

5. Rangsang pertumbuhan rambut dengan membuat serum pertumbuhan rambutmu sendiri.

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, bahan makanan adalah kunci dalam kaitannya dengan pertumbuhan rambut yang lebih sehat dan lebih cepat, tapi bagi mereka yang mau melangkah lebih jauh, akan kami tunjukkan cara membuat serum pertumbuhan rambutmu sendiri. Bahan pertama yang kamu butuhkan adalah minyak jarak. Minyak ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin E untuk melembapkan kulit kepala, asam lemak omega-9 dan omega-6, juga berbagai mineral yang akan membantu melembapkan dan menembus kulit kepala.

Bahan kedua adalah minyak alpukat yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral seperti asam oleat, yang merupakan asam lemak omega-9 tak jenuh tunggal yang bisa membantu menutrisi rambutmu dan melindunginya dari patah. Ini adalah satu-satunya minyak yang punya kemampuan untuk menembus batang rambut dan melembapkannya, alih-alih hanya menetap pada rambut dan menjadi lapisan berminyak saja.

Bahan terakhir adalah minyak kelapa, yang dianggap sebagai raja dari semua minyak karena berbagai alasan. Minyak kelapa adalah satu-satunya minyak yang dapat kamu oleskan pada rambut dan mencegahnya kehilangan protein. Karena minyak kelapa kaya akan asam lemak omega-3, omega-6, dan omega-9, ia juga melindungi rambut dari kerusakan karena lingkungan dan sinar matahari.

Inilah cara membuat ramuannya:

  • Isilah sebuah botol kecil dengan 1/3 minyak jarak, 1/3 minyak alpukat, dan 1/3 minyak kelapa.
  • Kocok botol dengan baik.
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut serta pijat-pijat selama 10 sampai 15 menit.
  • Biarkan selama 30 menit sampai 1 jam.
  • Cuci rambut, kemudian oleskan sedikit minyak pada ujung-ujung rambutmu ketika masih basah.
  • Ulangi 3 kali seminggu.

6. Sarapanlah dalam 30 menit pertama setelah bangun tidur.

Segera setelah kamu minum air lemon dan garam sesudah bangun tidur, penting artinya kamu sarapan dalam waktu setengah jam setelah kamu membuka mata. Meskipun kamu tidak merasa lapar, melewatkan sarapanmu adalah kesalahan besar, terutama ketika kamu sedang berusaha menurunkan atau mempertahankan berat badan. Menurut National Weight Control Registry (Kantor Catatan Pengendalian Berat Badan), lebih dari 70% orang yang telah sukses berdiet melakukan sarapan dalam waktu setengah jam setelah bangun pagi.

Ini karena metabolismemu relatif lambat ketika kamu tidur, dan butuh waktu satu jam untuk bekerja dengan kecepatan biasa. Jadi, sarapan sebelum metabolismemu benar-benar terjaga akan membuatmu merasa kenyang lebih lama dan mencegahmu makan dengan menu berat atau makan lebih banyak kemudian.

7. Minumlah kolagen terhidrolisis, alih-alih mengoleskannya pada kulitmu.

Penuaan adalah sesuatu yang sulit diterima kebanyakan dari kita dan seringnya terlihat pada penampilan kulitmu. Kita semua mencoba “menghidupkan kembali” kulit kita dengan membeli pelembap, masker, dan serum yang kaya akan kolagen (protein yang bertanggung jawab menjaga kulit kita tetap kencang dan berseri saat usia 30-an).

Masalahnya adalah, kolagen atau bahkan kolagen terhidrolisis tidak bisa menembus kulit sampai titik di mana ia bisa membantu mengikat protein lain dan memperbaiki kesehatanmu secara menyeluruh. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi penuaan adalah dengan meminum suplemen. Menurut penelitian, meminum kolagen terhidrolisis bisa memperlambat penuaan sampai 27%, memperbaiki kesehatan tulang, memperbesar massa otot, mencegah penurunan massa tulang dan osteoporosis, dan mengatasi nyeri sendi.

8. Putihkan gigimu dengan buah.

Hal terbaik yang bisa ditunjukkan seseorang adalah senyuman cemerlang, tapi bagaimana saat kamu merasa tidak percaya diri untuk menunjukkan gigi, karena sepertinya agak kuning? Nah, jangan khawatir, sebab kamu bisa mengubahnya, tergantung pada jenis makananmu. Buah dan sayur yang kaya antioksidan bisa mendatangkan keajaiban dalam hal menghilangkan warna kuning dari gigimu.

  • Stroberi bisa membantu memutihkan gigimu dan menghilangkan baik noda kopi maupun anggur.
  • Apel bisa berfungsi sebagai penghilang noda alami karena membantu memproduksi lebih banyak air liur dalam mulutmu dan ini berfungsi sebagai bahan “pembersih diri”.
  • Jeruk atau buah asam apa saja bisa membantu menetralisir keasaman mulutmu yang menyebabkan kerusakan gigi.

9. Minumlah lebih banyak kopi untuk kantong empedu yang sehat.

Meskipun mungkin dikaitkan dengan bahan makanan yang tidak sehat, kopi dalam bentuknya yang paling murni sebenarnya bagus untukmu. Pikirkan ini: sari biji kopi terbuat dari air panas dan punya banyak manfaat penting. Salah satu manfaat kopi yang paling penting adalah meningkatkan kesehatan kantong empedu.

Menurut penelitian, kopi mengaktifkan kontraksi dalam kantong empedu, yang dipercaya disebabkan oleh kafein di dalamnya. Sebagai tambahan, penelitian telah mengungkap bahwa kontraksi kantong empedu yang meningkat sebagai hasil minum kopi bisa mencegah kristal-kristal kecil di dalam kantong empedu berubah menjadi batu empedu yang lebih besar. Jadi, lebih baik minum secangkir kopi panas untuk kantong empedu yang sehat dan kalau ada yang berkata kamu telah kecanduan kopi, tunjukkan artikel ini kepadanya!

Mana di antara kiat-kiat kehidupan sehat ini yang ingin kamu coba? Kalau kamu punya kiat atau tips kesehatan yang ingin kamu bagikan, kami akan senang membacanya di kolom komentar!

Kredit foto pratinjau depositphotos.com
Bagikan Artikel Ini