Hati-Hati! 9 Kesalahan Warna Rambut Ini Bisa Membuatmu Tampak Lebih Tua

Setiap wanita punya warna rambut ideal yang bisa menonjolkan kecantikan dan menyembunyikan kekurangannya. Dengan begitu, warna-warna lain berefek sebaliknya dan akhirnya justru menonjolkan garis-garis halus serta “menyembunyikan” fitur terbaik wajahnya. Sudah diketahui bahwa rambut umumnya dikaitkan dengan harga diri, maka memilih warna yang tepat tentu akan membawa perbedaan.

Sisi Terang telah menyusun daftar 9 kesalahan warna rambut yang bisa membuatmu tampak beberapa tahun lebih tua. Jangan lewatkan bonus di akhir artikel, yang akan menunjukkan bagaimana tata rambut yang baik bisa menjadi kunci untuk membuatmu merasa lebih hidup dan cantik.

9. Memilih warna yang terlalu gelap.

Pernahkah kamu perhatikan jika sebuah benda diletakkan di depan latar belakang gelap, fitur-fiturnya akan tampak lebih nyata? Hal yang sama berlaku pada wajahmu. Ketika kita mengecat rambut dengan warna hitam legam yang merata (tanpa memberikan streaks atau highlight, misalnya), “kekurangan” kita, seperti garis-garis halus, akan menonjol. Jika kamu suka warna yang lebih gelap, warna chestnut gelap adalah alternatif yang lebih baik dibanding hitam.

8. Memilih warna yang lain sama sekali dari warna alami kita.

Mana yang bisa membuatmu tampak lebih tua: rambut pirang atau chestnut? Sayangnya, jawabannya tergantung pada beberapa faktor yang akan menentukan apakah seorang wanita akan tampak lebih muda dengan warna yang satu atau lainnya. Sebaiknya kamu tidak mengubah warna rambut alamimu secara drastis, karena perubahan ini mungkin tidak cocok dengan warna kulit, yang pada gilirannya akan membuatmu tampak lebih tua.

Emma Stone, misalnya. Warna rambut alaminya adalah pirang. Bukankah dia tampak 5 tahun lebih muda dengan warna ini? Jika kamu sudah agak lama mengecat rambut dan tidak yakin apa warna asli rambutmu, maka lihat foto masa kecilmu untuk mencari tahu warna apa yang paling cocok untukmu.

7. Memilih pewarna monokrom (tanpa menambahkan highlight atau streak).

Dalam rangka menyembunyikan ubannya, wanita sering memakai pewarna rambut yang merata. Perlu diketahui bahwa warna pirang atau hitam monokrom tidak akan membuat rambut tampak alami dan bisa memberikan tampilan membosankan serta berumur pada wajahmu. Highlight atau sapuan warna lain akan memberikan cahaya pada wajahmu dan memberimu tampilan yang lebih muda, lantas menghindarkanmu dari warna tunggal yang membosankan.

6. Mempertaruhkan warna pirang platinum.

Apa kamu penggemar warna ini? Kalau begitu, lebih baik kamu berpikir dua kali. Pirang platinum adalah warna dingin, yang tidak cocok bagi wanita berkulit terang atau kemerahan, karena akan memberikan tampilan “membosankan” dan berumur.

5. Tidak membuat highlight yang membentuk wajah.

Meskipun kamu mewarnai beberapa berkas rambut, efek visual hasil akhirnya mungkin masih kurang “mendalam.” Solusinya adalah pilih warna yang lebih terang untuk melembutkan garis-garis halus dan tanda-tanda lain penuaan. Saran dari kami adalah membuat highlight yang membentuk wajah guna menampakkan kecantikan dan membuatmu tampak lebih muda.

4. Membiarkan rambutmu setengah beruban dan setengah diwarnai.

Apa menurutmu uban membuatmu tampak tua? Tenang, itu hanya mitos! Sebenarnya, Sisi Terang sangat mengagumi mereka yang memamerkan ubannya dan merasa cukup dengan warna alami mereka yang, tidak diragukan lagi, tampak luar biasa!

Namun, sebagian wanita mengalami fase transisi dan membenci akar rambut putih atau kelabu sementara seluruh rambut lainnya disemir. Dalam kenyataannya, ini bisa membuat mereka tampak lebih tua. Jadi, saran kami adalah menghindari hal ini dan buatlah gaya rambut pixie. Dengan kata lain, coba potong rambutmu sangat pendek, dan potongan trendi ini akan membuatmu tampak jauh lebih muda.

3. Tidak menutup akar rambutmu.

Mewarnai seluruh rambut membutuhkan perawatan terus menerus, karena akar rambut selalu tumbuh. Namun, kami sangat sadar bahwa kita tidak selalu bisa mengikuti rutinitas pewarnaan ini. Untuk mencegah tampak tua karena kurangnya perawatan, kamu bisa memilih beberapa gaya yang dengan sengaja membuat akar tampak lebih gelap, seperti gaya ombré. Dengan begini, kamu bisa membiarkan rambutmu tumbuh alami sekaligus selalu tampil segar.

2. Memakai warna yang ketinggalan tren.

Dunia pengecatan rambut juga ditentukan oleh tren. Itu sebabnya sebagian warna trendi, sedang warna lain dianggap ketinggalan zaman. Memakai pewarna yang beken di masa lalu bisa membuatmu tampak “kuno”.

Mempertaruhkan warna dan teknik paling mutakhir adalah cara yang sangat bagus untuk memperoleh penampilan yang diinginkan, yang disukai banyak orang! Kemungkinan penata rambutmu tahu warna apa yang sedang tren di musim ini dan bisa memberi tahu kamu pewarna mana yang cocok bagi warna kulitmu.

1. Bersikeras memakai warna kemerahan yang tajam.

Warna rambut kemerahan bisa saja elegan. Tapi perawatannya mahal karena warna ini sangat cepat pudar dan akhirnya rambutmu tampak tak terawat. Di samping itu, ubanmu cenderung semakin mencolok ketika dikontraskan dengan warna-warna seperti chestnut kemerahan atau merah anggur.

Alternatif yang aman adalah memilih warna strawberry blonde, yang merupakan warna antara pirang dengan merah—ini bisa memberikan tampilan lebih hangat dan lebih cerah pada wajahmu. Lebih dari itu, karena lebih terang, warna ini akan menyembunyikan uban dengan lebih baik..

Bonus: Tata rambut yang baik bisa membawa perubahan besar.

Belah pinggir adalah cara hebat untuk menata rambut agar tampak lebih muda. Sejalan dengan waktu, kita cenderung kehilangan sebagian lemak di wajah dan distribusi hipodermis tidak merata, yang terutama terkonsentrasi di area dagu. Gaya rambut ini akan membuat wajahmu tampak lebih halus.

Gaya belah tengah lebih menonjolkan fitur ini, sementara membelah rambut ke samping lebih menyeimbangkan proporsi wajahmu. Kamu suka saran-saran ini? Kliki di sini untuk mendapatkan lebih banyak saran tentang gaya rambut yang tepat untuk tampil lebih muda.

Kalau kamu bagaimana? Apa kamu lebih suka mempertahankan warna alami atau biasa mengecat rambutmu? Kalau kamu suka mengecat rambut, warna apa yang membuatmu tampak lebih muda: pirang, merah, atau cokelat? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya!

Bagikan Artikel Ini