Kenapa Kita Selalu Ingin Mengeluarkan Kaki dari Selimut Saat Tidur Malam

Kita semua pasti pernah mengalami kesulitan tidur, dan anehnya, dengan membiarkan kaki kita tidak terselimuti, kita dapat tidur dengan cepat. Misteri penyebab kita melakukan hal ini didasari oleh fakta bahwa suhu tubuh ideal saat kita tidur adalah sekitar 18 °C dan kakilah yang mengantar kita ke suhu ideal ini.

Sisi Terang mencoba mendalami kebiasaan tidur yang aneh ini.

Kebiasaan ini membantu kita meregulasi suhu tubuh.

Kaki merupakan pendingin tubuh terbaik yang kita miliki. Menurut salah satu ahli tidur, kaki punya hubungan arteri dan vena yang berbeda dari bagian tubuh lainnya, “yang menyebabkan suhu hangat, sehingga lebih banyak sel darah mencapai permukaan kulit telapak kaki guna menurunkan suhunya.”

Selain itu, telapak kaki tidak memiliki bulu, sehingga akan tetap dingin sepanjang malam. Oleh karena itu, suhu tubuh kita menyeimbangkannya sendiri dan kita bisa tidur dengan nyaman.

Tidak menyelimuti kaki membantumu tidur lebih cepat.

Agar bisa tertidur, suhu tubuh kita harus turun beberapa derajat. Itulah sebabnya kita sulit terlelap saat udara di sekitar kita hangat — sebab tubuh kita berusaha menjaga tubuh tidak kepanasan. Oleh karena itu, menjaga suhu tubuh agar tetap dingin sangatlah penting di malam hari, dan mengeluarkan kaki kita dari selimut seharusnya cukup membantu. Makin cepat kamu mendinginkan suhu tubuh, makin cepat pula kamu memasuki alam mimpi.

Tidur menggunakan selimut adalah posisi ternyaman.

Terdapat beberapa alasan kenapa banyak dari kita tidak bisa tertidur tanpa selimut. Tapi masalah yang biasanya kita alami adalah kita mulai kepanasan, sehingga kita terjebak di tengah dilema ini. Membiarkan kaki bebas dari selimut merupakan solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah ini, sekaligus membuat kita merasa nyaman di bawah selimut tanpa perlu merasa kepanasan sepanjang malam.

Apa kamu juga mengeluarkan kaki saat tidur? Apakah itu membantumu saat sulit tidur?

Bagikan Artikel Ini