Sisi Terang
BaruPopuler
Inspirasi
Kreativitas
Luar Biasa
Sisi Terang

Ternyata, Makan Cokelat Saat Sarapan Punya Banyak Manfaat

1---
501

Jika menganggap cokelat hanya makanan penutup, kamu mungkin salah. Cokelat sudah digunakan sejak zaman kuno untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan dan terbukti menjadi aset diet yang tidak tergantikan. Jadi, jika kamu ingin makan cokelat setiap hari, khususnya pada saat sarapan, sekarang kamu punya satu alasan—atau tujuh.

Sisi Terang mempelajari manfaat cokelat sebagai menu sarapan dan ingin membagikannya kepadamu. Kamu juga akan tahu cara mencampurkan cokelat ke dalam makananmu di akhir artikel.

1. Meningkatkan daya kerja otak.

Orang yang memakan cokelat murni setidaknya sekali dalam satu minggu cenderung memiliki kinerja yang lebih baik dalam uji mental dan ingatan, menurut sebuah studi. Flavanol dalam kakao meningkatkan aliran darah ke otak dan berkumpul di beberapa bagian otak yang bertanggung jawab atas pembelajaran dan ingatan. Jadi, jika kamu ingin memicu daya kerja otak, terutama sebelum ujian, sarapan cokelat adalah strategi paling tepat untuk melakukannya.

2. Penenang saat mengidam.

Memakan cokelat tampaknya merupakan opsi terakhir untuk mengurangi berat badan. Namun, satu batang cokelat di pagi hari bisa mengurangi kebiasaan makan yang buruk dengan menenangkan keinginan makanmu selama sisa harimu. Ini membantu mengatur nafsu makan dan mengurangi risiko makan berlebihan. Satu penelitian telah menunjukkan bahwa sarapan berkalori tinggi dengan campuran cokelat membantu memangkas kalori sepanjang hari.

3. Pendorong suasana hati yang alami.

Pagi hari bisa saja menyulitkan dan akan lebih baik jika suasana hatimu baik saat mengawali hari. Cokelat dapat meningkatkan suasana hati dan mendorong perasaan positif. Makan cokelat menstimulasi produksi endorfin dan berinteraksi dengan bahan kimia “bahagia” lainnya, yaitu serotonin dan dopamin. Cokelat juga dikenal memiliki efek antidepresan.

4. Baik untuk kesehatan.

Ternyata orang yang makan lebih banyak cokelat per hari memiliki risiko yang lebih rendah terhadap penyakit jantung dan stroke. Memakan cokelat murni adalah olahraga yang baik untuk jantung, yakni mampu menurunkan tekanan darah dan membantu pembuluh darah agar relaks, berkat nitrogen monoksida yang diproduksi oleh flavonoid.

Takaran cokelat murni yang sehat dan kaya akan kakao juga dapat meningkatkan cara tubuh kita memetabolisme glukosa, sehingga membantu melawan diabetes. Terakhir, cokelat murni dapat menurunkan tingkat kolesterol LDL “jahat”, yang dapat menyebabkan penyumbatan arteri parah, serta meningkatkan koresterol HDL yang “baik”. Meskipun semua manfaat tersebut tidak terbatas pada konsumsi pagi, secara keseluruhan, cokelat akan menjadi pengawal hari yang sehat.

5. Membantu beralih ke mode bekerja.

Sama seperti kopi dan teh, kakao mengandung kafein. Jumlahnya dapat beragam, tetapi menurut aturan, cokelat yang lebih murni mengandung lebih banyak kafein, meski tidak demikian dengan cokelat putih. Seperti makanan yang mengandung kafein lainnya, cokelat membuatmu lebih waspada dan sadar. Bahan kimia lain yang berasal dari kakao adalah teobromina. Bahan kimia ini memberikan rasa pahit dalam cokelat yang meningkatkan energi — hal yang kamu perlukan di pagi hari.

6. Bernutrisi dan mendukung sistem imun.

Selain semua manfaat tadi, cokelat juga dipenuhi nutrisi. Semua cokelat batangan yang 70% murni mengandung antioksidan (bahkan lebih banyak dibandingkan teh hijau!), kalsium, tembaga, kalium, dan magnesium. Flavanol akan membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh oksidan yang terkena paparan setiap hari: misalnya asap rokok, polusi udara, dan alkohol. Jadi, lindungi dirimu dengan kakao sebelum meninggalkan rumah.

7. Membantu olahraga pagi.

Kami pernah menjelaskan kenapa susu cokelat merupakan minuman olahraga superior, dan alasan tersebut berlaku pula pada cokelat murni. Cokelat murni mendorong tingkat nitrogen monoksida dan memberikan penyembuhan dan pertumbuhan otot yang lebih baik. Dengan begitu, menambahkan cokelat murni atau kakao ke dalam menu sarapan sebelum atau sesudah olahraga adalah keputusan yang tepat.

Bonus: Cara mengonsumsi cokelat untuk sarapan.

Jika kamu tidak suka mengunyah cokelat batangan, banyak cara untuk mencampurkan cokelat ke dalam makananmu, selama kamu bisa menambahkan bubuk kakao ke dalam menu sarapan.

  • Smoothie dan protein kocok. Satu sendok kakao atau saus cokelat akan langsung menambah nutrisi sarapan yang sudah sehat.
  • Cokelat panas. Tinggalkan teh dan kopi pagi, cokelat panas adalah tren baru. Namun, jika kamu merasa tertantang, cobalah mocha, minuman campuran kopi dengan cokelat panas. Selain itu, meminum cokelat panas setiap hari membantu ingatan dan kemampuan kognitif.
  • Butiran atau selai cokelat, atau juga kakao dalam pastri. Jika kamu memanggang roti atau pastri sendiri, tambahkan bubuk kakao ke dalam adonan, atau tambahkan butiran cokelat. Tips: cokelat sangat cocok jika dipadukan dengan bolu pisang.
  • Cokelat batangan. Makanan berenergi, yang harganya mahal, sebenarnya mudah dibuat sendiri — dan pastinya bisa disesuaikan. Jadi, jika kamu mempersiapkan bahan dengan tambahan cokelat, kamu akan mendapatkan sarapan sehat dan cepat selama beberapa hari.
  • Granola dan oatmeal cokelat. Tambahkan butiran cokelat atau bubuk kakao saat membuat oatmeal (panas atau didinginkan semalaman) atau granola buatan sendiri.

Cokelat mana yang kamu suka? Jika punya resep spesial berbahan cokelat, bagikan kepada kami!

1---
501
Bagikan Artikel Ini